Serunya Gelaran Pesta Siaga Kelas 4 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta

SOLO–Hari Selasa (20/02/2024) menjadi hari yang sangat dinanti semua siswa siswi kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta. Pasalnya pada hari itu diselenggarakan kegiatan Pesta Siaga. Bertempat di sekitaran stadion Manahan.

Pada pukul 07.30 WIB, semua peserta berkumpul di Masjid Asyiah yang terletak di sisi utara Stadion Manahan. Para siswa dan guru mengawali kegiatan pagi itu dengan shalat dhuha bersama. Selanjutnya semua peserta diarahkan menuju lokasi pesta siaga di area sekitar Stadion Manahan. Berpakaian seragam pramuka lengkap semua siswa tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Upacara pembukaan mengawali kegiatan di lokasi. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Rahmat Haryadi, S.Pd.

Dalam amanat pembina upacara, Rahmat mengatakan bahwa dalam situasi apapun kita harus selalu bahagia dan mengedepankan kerjasama dalam menyelesaikan tugas – tugas kelompok. Beliau juga menyampaikan tentang Dasa Darma Pramuka yang isinya diantaranya adalah takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Diakhir sambutnya Rahmat berharap semua siswa bisa menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari hari.

Hadir dalam kegiatan ini, disamping Kepala Sekolah juga para kakak – kakak pembina sejumlah 9 orang. Mereka bertugas sebagai pendamping dalam kegiatan pesta siaga.

Dalam kegiatan kali ini, diselenggarakan permainan bersama, menunjukam kegiatan keterampilan bersama, yang mana setiap barung harus melewati banyak pos atau taman yang telah disiapkan oleh kakak pembina. Diantaranya taman ketaqwaan; taman kerapian berpakaian pramuka; taman Jateng gayeng; tamam gerak dan lagu; taman simpul, ikatan dan kompas; taman fun bowling; taman lempar kolong; taman seni budaya; taman bumbung kemanusiaan, dan taman kebersihan lingkungan.

Dalam pesta siaga ini peserta dibagi dalam 13 kelompok barung putra dan putri. Setiap kelompok harus melewati tantangan- tantangan di sepuluh taman tersebut. Setiap barung akan diambil nilainya, setiap barung yang mendapatkan nilai tertinggi dalam semua permainan.

Kegiatan ini sebagai awal dari seleksi pesta siaga. Sekolah akan mengirimkan 2 barung putra dan putri yang terdiri dari 16 anak. Mereka akan dikirimkan dalam kegiatan Pesta Siaga yang diadakan di tingkat Kwaran 01 Laweyan. Kegiatan ini dilaksanakan besok tanggal 27 Februari di SMP N 3 Karangasem Surakarta.

Sekitar 116 peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan tetep semangat walaupun cuaca agak panas. Diharapkan kegiatan ini akan selalu dirindukan oleh siswa siswi SDIT Nur Hidayah karena menambah pengalaman. (MYD)