Mengokohkan Budaya Positif di Lingkungan Kerja Sekolah

SOLO–Kegiatan workshop pegawai SDIT Nur Hidayah pada hari ke 2, Selasa (9/07/2024) diawali dengan kegiatan majelis pagi. Bacaan Qur’an yang dilantunkan oleh para ustadz-ustadzah terdengar menyejukkan jiwa. Kegiatan tahsinul Qur’an dipandu Oleh Ustadz Abdul ‘Aziz As-sidiqi, S.Pd.I. untuk para ustadz dan Usth Tis’iyyarur Rofi’ah untuk para ustadzah.
“Agar kita baik dan benar bacaan Al-Qur’annya maka kita harus banyak latihan tahsin Qur’an”, Ustadz ‘Aziz menjelaskan.

Agenda selanjutnya adalah tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Sunarto, S.Pd. dan Usth. Fikriyati Sholihah, S.Ag. Dalam tausiyah di sampaikan ajakan untuk bertaqwa dan mengamalkan sifat-sifat orang bertaqwa. Orang bertaqwa adalah orang yang suka berinfaq, bersedekah di saat lapang maupun sempit, dapat menahan amarah, dan memaafkan kesalahan orang lain, seperti yang terkandung dalam makna surat Ali-Imron ayat 33-34.

Kegiatan hari ini menghadirkan pengawas sekolah Gugus 1 Laweyan, yaitu Ibu Mufarichah, M.Pd. Materi yang beliau sampaikan mengenai pengokohan budaya positif di lingkungan sekolah.

Beliau menegaskan, “Jangan membiasakan kebisaan tetapi pembiasaan perlu dibiasakan, misalnya pembiasaan budaya positif seperti disiplin, jujur, tanggung jawab, kebersamaan, sosial, kebersihan, keterbukaan, menghargai orang lain serta persatuan dan kesatuan. Dengan membiasakan budaya positif tersebut, SDIT Nur Hidayah akan lebih baik sehingga lebih dipercaya oleh masyarakat”, tandasnya.

Pemantapan materi mengenai media pembelajaran berbasis aplikasi pun menjadi sesi yang ditunggu-tunggu oleh para guru. Materi ini disampaikan oleh tim kurikulum sekolah. Hal ini menambah wawasan bagi guru dalam menyediakan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk para siswa.

Setelah istirahat sholat dan makan siang, semua guru, baik guru mata pelajaran maupun guru Al Qur’an melanjutkan pembuatan perangkat pembelajaran. Para karyawan juga mendapatka pembinaan lanjutan oleh kepala sekolah. Sebagai penutup, workshop hari ke-2 ini diakhiri dengan refleksi dan pembagian doodprize.
-Briyant-