Istirahat Tak Melulu Jajan lho!

SOLO — Kamis (17/01) terlihat perpustakaan sekolah ramai dikunjungi siswa. Ternyata tak hanya hari itu, melainkan setiap hari perpustakaan menjadi salah satu sarana sekolah yang menarik bagi siswa di saat istirahat.

Tak bisa dipungkiri, salah satu kegiatan yang ditunggu para siswa di sekolah adalah waktu istirahat. Pada saat-saat inilah, anak-anak bisa berinteraksi dengan sesama teman. Hal ini tentu mengasah banyak karakter baik dalam diri siswa. Menyadari hal tersebut, SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta memaksimalkan waktu istirahat untuk memperkuat karakter siswa.

Guna mengenalkan konsep jual beli, Sekolah Sahabat Keluarga ini tetap menghadirkan koperasi dan kantin untuk anak-anak. Meski demikian, ada jadwal untuk pembelian. Khusus kelas rendah pada jam istirahat pertama dan kelas tinggi pada istirahat kedua. Hal ini bukan tanpa alasan. Sekolah kembali mengedukasi para siswa bahwa istirahat tak selalu harus ke kantin untuk jajan. Para siswa dibiasakan untuk salat Dhuha, membaca di perpustakaan, atau bermain di kelas bersama teman-teman.

“SD IT Nur Hidayah tetap ada kantin. Anak-anak bisa jajan, tapi ada jadwalnya. Nah, terus bagi yang bukan jadwal jajan bisa aktivitas lain misalnya membaca atau bermain di kelas. Kelas-kelas kami ada permainan edukatif dan pojok baca,” papar Husni Malik, S.P, S.Pd, selaku waka kesiswaan.

Hal ini setali tiga uang dengan tim perpustakaan sekolah yang menggalakan melek literasi di berbagai lini. Dengan adanya penjadwalan, para siswa bisa pergi ke perpustakaan bersama-sama. Tidak hanya membaca buku, siswa-siswi juga bisa bermain dengan permainan yang disediakan.

“Membaca di perpustakaan itu menyenangkan. Bukunya banyak dan tempatnya nyaman, adem,” tandas Alluka Syifa Faiha kelas 3B.
(isr)