Hebohnya Kelas 5 SDIT Nur Hidayah Berkenalan dengan Rempah dan Bahan Pangan Nusantara Melalui Ekspo

Solo, 2 Mei 2024 Aula lantai 3 SDIT Nur Hidayah dipenuhi aroma aneka rempah dan beberapa bahan pangan nusantara yang dibawa oleh siswa kelas lima. Terbagi dalam dua belas kelompok, 118 siswa ini mendisplay rempahnya di meja yang sudah disediakan.

Di aula tersebut para siswa menyelenggarakan ekspo rempah dan bahan pangan Nusantara dalam rangka kontekstualisasi proyek penguatan profil pelajar pancasila atau P5 setelah sebelumnya mereka melakukan kegiatan lacak jejak masakan tradisional kota Solo. Bahan-bahan yang ditata diberi keterangan dan gambar yang menjelaskan detail tentang rempah dan manfaatnya.

Berikutnya, secara bergiliran, para siswa kelas lima ini berkeliling di setiap display kelompok untuk mengamati dan mencatat keunikan setiap rempah dan bahan pangan.

Tahu, tempe, kembang kol, jamur salju, kembang lawang, ketumbar, merica, buah pala, jjntan, adas, aneka rimpang hingga bawang merah dan bawang putih ternyata menjadi hal yang sangat menarik perhatian. Bumbu aromatik ini ternyata cukup asing di mata generasi milenial ini.

“Seru gitu sih kegiatan hari ini. Kayak jadi tahu yang unik-unik gitu. Aku tadi icip tahu mentah enam potong. Terus membau rempah gitu. Ada kembang lawang yang bentuknya menarik. Tapi baunya gimana, agak asing. Aku baru kali ini megang dan membau kembang lawang,” ujar Silmi salah satu siswa kelas 5C.

Tak hanya Silmi, ternyata hampir seluruh siswa merasakan keseruan dan kehebohan yang sama. Beberapa menampakkan wajah uniknya ketika mencicipi ketumbar bubuk. Ada pula yang takjub dengan rasa tempe yang masih mentah. Yang lainnya juga takjub saat membaca deskripsi manfaat rempah dan bahan tersebut untuk kesehatan.

“Kegiatan ekspo rempah kali ini memang kita tujukan agar anak-anak lebih mengenal bentuk, aroma, dan manfaat rempah. Rempah tak hanya membuat masakan jadi lebih enak. Tapi juga ada manfaat untuk menjaga kesehatan. Anak sekarang lebih suka junk food sehingga kesehatan generasi kira cukup mengkhawatirkan. Dengan kegiatan ini harapannya anak tahu bahwa yang enak dan sehat itu juga banyak,” jelas Reni A.P. salah satu guru kelas 5.

Selepas kegiatan ekspo, siswa kelas 5 mengikuti kuis berhadiah untuk menggali pengetahuan tentang rempah nusantara. Berbekal pengetahuan hasil eksplorasi dalam ekspo, seluruh siswa menjawab pertanyaan kuis yang telah disiapkan. Juara umum kuis rempah nusantara dimenangkan oleh kelas 5A.

Kegiatan diakhiri dengan pemberiaan hadiah kepada pemenang kuis dan refleksi bersama. Semoga dengan ekspo rempah dan bahan pangan nusantara ini profil pelajar pancasila dapat terwujud sesuai harapan pendidikan Indonesia.
(NHd)