Daurah Ramadhan, Kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Fiqih Puasa Ramadhan

SOLO–Pagi yang cerah ini, secerah wajah para siswa siswi kelas 1. Mereka mengawali pembelajaran di bulan Ramadhan ini dengan mengikuti Daurah Ramadhan. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, (13/03/2024).

Pengisi materi pada kegiatan ini adalah Ustazah Yan Syakila, S.Ag dengan mengambil tema ‘Belajar Fiqih Ramadhan’. Sebelum menyampaikan materi, beliau mengawali dengan memberikan pertanyaan kepada para siswa, “Apakah puasa itu?”
“Puasa itu tidak makan dan tidak minum”, jawab Husna kelas 1C.
Dalam materinya, beliau menyampaikan tentang tata cara puasa, tujuan puasa, dan hukum-hukum yang berkaitan dengan puasa di bulan Ramadhan. Diantaranya, mengapa kita harus berpuasa? siapa saja yang diwajibkan berpuasa? apa saja yang membatalkan puasa? dan juga hal-hal apa saja yang merusak pahala berpuasa?
Ustazah Yan juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan amal-amal yang harus dilakukan saat bulan Ramadhan.
Para siswa antusias mendengarkan materi dan sekaligus tausiyah dari pemateri.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tayangan video tentang kemuliaan malam lailatul qadar. Sebagai penutup kegiatan, guru memberikan penugasan kepada para siswa utk menjawab pertanyaan dalam bentuk tulisan di kertas origami yang sudah disiapkan oleh guru. Para siswa pun menjawab dengan semangat dan antusias.
Dengan materi tersebut, para siswa bisa mengetahui lebih dalam tentang hukum-hukum berpuasa dan kemuliaan bulan Ramadhan.
Alhamdulillah, Barokallahufiikum.
Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran serta menjadikan kita hamba yang Muttaqin, aamiin (hn)