Siswa Kelas 2 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta Semangat Ikuti Imunisadi Sub Pin Polio

SOLO–Hari ini Senin (15/01/2024) seluruh siswa kelas 2 SDIT Nur Hidayah Surakarta mengikuti imunisasi Sub Pin Polio putaran pertama yang diselenggarakan oleh Puskesmas Purwosari.

Para siswa yang terdaftar untuk mendapatkan imunisasi adalah siswa yang berusia 0-7 tahun dan 8 tahun kurang 1 hari. Mereka diberi arahan tentang imunisasi Sub Pin Polio oleh wali kelas masing – masing.

Selesai mengikuti arahan dari wali kelas, siswa kelas 2 berbaris rapi berjalan menuju aula gedung timur sekolah.
Sesampainya di lokasi mereka menata sepatu dengan rapi, selanjutnya siswa masuk ke dalam aula. Para siswa duduk rapi, bersabar menunggu antrian dari petugas puskesmas sembari sesekali bercanda dengan temannya.

Satu persatu siswa kelas 2 diantar menuju petugas puskesmas untuk mendapatkan tetes sub pin polio. Selesai mendapatkan tetes, siswa menuju meja tinta untuk mencelupkan jari kelingkingnya ke tinta sebagai tanda sudah mengikuti dan mendapatkan imunisasi.

Siswa-siswa nampak gembira dan antusias mengikuti acara tersebut.
“Aku senang dengan imunisasi polio ini soalnya nggak disuntik, aku mau lagi dong, kan rasanya manis”, ucap Salma Iffatunnisa kelas 2A setelah mendapatkan tetes sub pin polio.
Begitu juga dengan Irvan Fatkhul Ulum kelas 2B, ” Enak rasanya, aku suka, boleh lagi?”, tanyanya sambil tertawa.

Menurut Selviana Linda Indriawati, A.Md.Keb. selaku Kepala Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDIT Nur Hidayah, “Imunisasi Sub Pin Polio ini bertujuan untuk mencegah penyakit polio yang akhir-akhir ini marak di Indonesia dan sebagai Ikhtiar untuk menjaga kesehatan anak-anak serta mengikuti program pemerintah dari Dinas Kesehatan yang serentak di Indonesia.”

Acara Imunisasi Sub Pin Polio berjalan dengan lancar dan tertib. Para siswa yang telah mendapatkan imunisasi tidak diperbolehkan makan dan minum selama 15 menit. Selesai mengikuti acara tersebut siswa kelas 2 kembali ke kelasnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal. (Fu)