Semarak Pesantren Ramadan Kelas 1, Raih Kemenangan dengan Banyak Peduli dan Berbagi

SOLO–Pagi ini, Rabu (20/03/2024) siswa siswi kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta terlihat ceria dengan mengenakan pakaian bebas muslim.
Diawali kegiatan berdoa bersama, lalu muraja’ah beberapa surat pendek dalam al quran dan sholat Dhuha.

Para siswa kemudian berbaris rapi menuju ke aula Panti Asuhan Nur Hidayah yang terletak di sisi utara halaman gedung barat untuk melanjutkan rangkaian acara Pesantren Ramadhan.

Kegiatan di aula adalah menyusun bingkisan lebaran yang berisi sembako. Dengan dihias berbagai rumbai pita, bingkisan tampil lebih cantik, sehingga memberikan kesan positif bagi penerima nya.

Terdapat 12 bingkisan lebaran yang telah dibuat oleh para siswa. Bingkisan ini diberikan kepada petugas Supeltas di sekitaran sekolah.
Monggo Bapak Ibu, silahkan masuk dan pinarak rumiyin“, sapa Eni Hestuti, S.S., S.Pd. koordinator kelas 1, mempersilahkan masuk para petugas supeltas yang sudah hadir untuk menerima bingkisan tersebut.

Setelah bersalaman dengan anak- anak, kemudian dilanjutkan penyerahan bingkisan yang diwakili oleh beberapa siswa dilanjutkan foto bersama.

Acara terakhir adalah mendengarkan dongeng dari Kak Yasir Lee.
Kak Yasir menyampaikan nasehat tentang keutamaan sedekah yang bisa menghapuskan dosa dosa. Beliau mengilustrasikan dengan sebotol air bening ditambahkan pewarna, yang diibaratkan pewarna tersebut adalah dosa-dosa kita dan kemudian dilanjutkan dengan ditambahkan ramuan yang menjadikan air berwarna menjadi jernih kembali, yang artinya amalan-amalan kebaikan yang bisa menghapuskan dosa – dosa kita. Sehingga kita bisa menjadi orang yang bersih dari dosa dosa dengan banyak melakukan amal kebaikan, salah satunya adalah sedekah.
Dalam dongeng tersebut, kak Yasir memberikan hadiah sejumlah uang kepada Abdul Roziq, salah satu siswa kelas 1D yang berhasil menjawab pertanyaan beliau.
Setelah rangkaian acara selesai, anak-anak keluar ruangan dengan membawa tentengan bingkisan snack yang sudah disiapkan oleh para guru.

Semoga kegiatan pesantren Ramadhan kali ini menumbuhkan sikap senang berbagi dan saling peduli dengan lainnya pada para siswa. (Hn)