Tingkatkan Interaksi Al-Quran dan Ukhuwah dengan Tadarus Keliling

Surakarta (11/3) - HariRabu, siswi kelas VD  SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta  mengikuti kegiatan Tadarus Keliling (Tarling). Kegiatan ini dilaksanakan siang hari usai mereka melaksanakan rehat semester 2 dengan aneka lomba di sekolah. Kegiatan ini bertempat di rumah Bapak Sekti orang tua dari ananda Khanza Nabila yang beralamat di Perumahan Permata Buana, Blulukan, Colomadu.

Kegiatan tadarus keliling ini diikuti 35 siswa dan didampingi oleh Ustadzah Nunuk Purnawati, S.Pd. selaku wali kelas VD serta  Ustadzah Tety Markhuqoh S.Ag. selaku wakil wali kelas VD. Kegiatan ini merupakan program dari sekolah dengan tujuan merekatkan tali silaturahim antara wali kelas dengan orang tua wali murid, wali murid dengan wali murid. Selain itu tujuan kegiatan ini untuk  menambah keakraban antar siswa, tholabul 'ilmi, dan meningkatkan interaksi kita dengan Al-Quran.

Tepat pukul 13.15 acara pun dimulai. Kegiatan ini diawali dengan membaca Al-Fatihah dan sambutan dari Ibu Sekti selaku shohibul bait. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dari ustadzah dan para siswi. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyambutan kali ini kurang berkenan.

Usai sambutan, Ustadzah Nunuk Purnawati, S.Pd. juga menghaturkan terima kasih  kepada Ibu Sekti sekeluarga yang telah menyediakan tempat serta ubo rampenya demi terlaksananya tarling ini. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf jika tingkah laku anak-anak ada yang kurang berkenan. Semoga dengan tarling ini semakin mempererat tali silahturahim dan para siswi pun semakin memcintai Al-Quran dan setiap hari membacanya.

Acara tarling pun dimulai. Ustadzah Tety Marzhuqoh selaku penanggung jawab Program Tahfidz kelas 5D memimpin acara ini. Para siswi diminta membuka surat Al-Baqarah melanjutkan tilawah harian di kelas. Hujan yang sangat deras tidak menyurutkan mereka untuk membaca Al-Quran. Mereka membaca bersama-sama, dilanjutkan secara berkelompok.

Usai membaca Al-Quran dilanjutkan dengan game oleh Ustadzah Nunuk Purnawati. Game "Problem Solving" ini bertujuan untuk mengajarkan para siswi bagaimana memecahkan masalah secara bersama-sama secara kompak dan bijaksana. 

Anarida Nur Wahyudi (11) menyampaikan, "Tarling kali ini menyenangkan dan seru sekali karena acaranya berbeda dengan tarling sebelumnya. Ada game yang cukup menguras pikiran untuk problem solving." *(Nunuk/emyu)

Publish:| 2020-04-03| 15:36:22 . Administrator|