Latihan US Kota Surakarta

 

Mentari pagi bersinar sejuk di atas gedung SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Awan cerah turut menghiasi indahnya langit yang membiru. Selalu indah alam ini bila direnungkan seakan menyampaikan pesan agar makhluk di alam ini mengingat kebesaran dan keagungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 Senin (24/2), terlihat para siswa kelas VI sekolah ini berdatangan dengan wajah ceria dan selalu senyum saat menyalami para guru yang menyambut mereka dengan penuh kehangatan. Ya, hari ini adalah hari pertama latihan ujian sekolah dasar tingkat Kota Surakarta. Para siswa kelas VI mengawali pagi harinya selalu dengan salat dhuha, berdo'a dan mendengarkan beberapa motivasi dari pengampu mata pelajaran yang diujikan pada hari ini.

 Ustadz Rahmat Haryadi, S.Pd., selaku pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia menuturkan, "Anak-anak, iringi selalu usaha kalian dengan do'a. Karena hanya Allah sajalah yang selalu menolong di setiap urusan kita. Hari ini adalah latihan ujian sekolah perdana buat kalian, tetap dijaga ketenangannya dan ketelitiannya saat mengerjakan."

 Usai mendengarkan paparan motivasi, para siswa kelas VI lanjut upacara pembukaan Ujian Sekolah. Mereka berdiri sigap di Aula Gedung Timur lantai 1 dengan rapi dan tenang. Pukul 07.45, bel terdengar nyaring tanda masuknya para siswa dan pengawas ke ruang masing-masing. Para siswa berjalan rapi sesuai ruangnya, kemudian ketua ruang mulai menyiapkan di luar ruang untuk menyambut kedatangan bapak/ibu pengawas.

 Sulthan Avichena, salah satu siswa kelas VI mengatakan, "Suasana latihan ujian sekolah ini berbeda dengan tryout atau simulasi biasanya, lebih menegangkan. Semoga Allah memudahkan aku dan para siswa kelas VI di latihan ujian sekolah ini.Aamiin."

 Usai mengerjakan latihan ujian ini, para siswa lanjut menikmati hidangan yang disiapkan panitia, tampak wajah mereka kembali segar setelah lelah berjuang di dalam ruangan. Diantara mereka saling berbisik dengan teman sejawatnya, "Alhamdulillah ya, soal Bahasa Indonesia selesai juga, kayaknya mudah-mudah, ya," ungkap Nadia Alyn, salah satu siswi kelas VI C. *(Aziz/emyu)

Publish:| 2020-02-25| 13:54:41 . Administrator|