Open Class, Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

SOLO–SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta terus berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dan bermakna bagi siswanya. Mulai bulan Februari 2024 dari bidang kurikulum mengadakan program Open Class semester 2. Open Class merupakan salah satu program yang bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran. Guru pengajar akan diobservasi oleh kepala sekolah atau guru pamong yang ditunjuk dalam proses pembelajaran. Hasil dari evaluasi dan observasinya akan menjadi landasan bagi guru untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini termasuk dalam agenda LSLC (Lesson Study for Learning Community).Pada kegiatan open class hari Senin (12/02/2024), guru kelas 4 fokus pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Negaraku Indonesia. Ada pun tujuan pembelajaran peserta didik dapat memberikan contoh sikap menjaga keutuhan NKRI dan sikap yang merusak keutuhan NKRI.Dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, guru menggunakan pendekatan pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran ini menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) . Kegiatan pembelajaran terasa sangat interaktif dan kolaboratif, dengan mengintegrasikan sosio drama sebagai alat utama dalam menyajikan materi kepada siswa.Dalam sosio drama ini, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diberikan tugas untuk merancang naskah yang mencerminkan sikap menjaga keutuhan NKRI dan sikap merusak keutuhan NKRI. Naskah tersebut disajikan dalam berbagai format, termasuk melalui platform digital seperti Canva , Word, serta dalam bentuk tulisan tangan. Setelah naskah sosio drama selesai, para siswa mempresentasikan dan menampilkan sosio drama masing-masing kelompok di depan kelas dengan penuh rasa percaya diri. Dengan mempresentasikan sosio drama di depan kelas maka para siswa akan berlatih keberanian, kreativitas dan juga kolaborasi anggota kelompok tersebut.Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam konteks menjaga keutuhan NKRI. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi perilaku atau sikap yang mendukung keutuhan NKRI, dan sebaliknya, menghindari sikap yang dapat merusak keutuhan negara.Kegiatan Open Class dalam LSLC (Lesson Study for Learning Community) . Program ini merupakan bagian dari upaya SDIT Nur Hidayah Surakarta dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru-guru di sekolah ini berkomitmen untuk mengakomodir minat dan bakat siswa melalui diferensiasi pembelajaran. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengekspresikan ide dan kreativitas mereka melalui sosio drama, diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan dengan kebutuhan siswa saat ini.SDIT Nur Hidayah Surakarta berharap bahwa kegiatan pembelajaran seperti ini dapat menjadi model inspiratif bagi sekolah-sekolah lain. Melalui inovasi dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan kurikulum merdeka, sekolah ini berupaya menjadikan pembelajaran lebih bermakna, relevan, dan memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa. (Nuri)