SDIT Bina Amal 02 Semarang dan SDIT Dian Insani Gunung Kidul Kunjungi SDIT Nur Hidayah Surakarta

Silaturrahim Studi merupakan sebuah istilah, program, kegiatan silaturrahim yang didasari rasa ukhuwwah Islamiyah dan bertujuan untuk saling bertholabul ilmi bersama antara tamu dan tuan rumah. Ada semangat saling memberi dan saling memotivasi untuk saling meningkatkan kompetensi dalam mengemban amanah mulia, memajukan dan terus meningkatkan mutu layanan pendidikan.

SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta merupakan lembaga pendidikan formal yang berada di dalam wadah Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, memiliki semangat untuk bersilaturrahim dan bertholabul ‘ilmi, sehingga ketika ada sekolah-sekolah yang berkunjung, baik sesama sekolah dalam lingkup JSIT Indonesia, maupun sekolah negeri, dengan senang hati menerimanya.

Seperti hari ini, Rabu (07/08) SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menerima tamu kunjungan Silaturrahim Studi dari SD Islam Terpadu Bina Amal 02 Semarang dan SD Islam Terpadu Dian Insani Gunung Kidul. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 33 guru dan karyawan SDIT Bina Amal 02 dan sekitar 11 guru karyawan SDIT Dian Insani.

Silaturrahim Studi kali ini mencakup manajemen pengelolaan sekolah, bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang kehumasan, bidang sarpras, terkait pembelajaran Al Qur’an, bahkan ada juga perwakilan dari Komite Sekolah. Salah satu sub bidang tersebut antara lain pada bidang kurikulum dan pengajaran, terkait dengan program kurikulum, proses pembelajaran, pengembangan profesionalisme keguruan, pembelajaran Al Qur’an tahfidz, dan sebagainya. Selain itu ada juga yang fokus sharing tentang Tata Usaha baik administrasi maupun keuangan.

Dalam kegiatan kunjungan ini, guru dan karyawan SD Islam Terpadu Bina Amal maupun SD Islam Terpadu Dian Insani juga turut berkeliling menyaksikan secara langsung proses kegiatan belajar mengajar SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Kepala SD Islam Terpadu Bina Amal 02 Semarang, Ustadzah Zulaichah Dwi Astuti, S.Si mengatakan, “Sekolah kami berdiri pada tahun 2013. Kunjungan ini kami lakukan sebagai wacana dan gambaran dalam memberikan pendidikan, pengelolaan pendidikan yang bagus bagi sekolah kami.” *(Fauziyah/emyu)