Ada Apa di 5A ?

Pagi ini, Rabu (07/08) kelas 5A SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta berbeda dari biasanya. Hari ini mereka akan belajar bersama dengan salah satu mahasiswa FKIP-PGSD, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Yuli Listywati. Beliau akan melakukan praktik pembelajaran Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan.

Ustadzah Syarifatul Istiqomah, S.Pd. selaku guru pamong menyampaikan, “Kegiatan praktik mengajar dalam mata kuliah PLP (Pengenalan Lingkungan Persekolahan) ini bertujuan supaya mahasiswa lebih mengenal di lapangan bagaimana bisa mengajar dan mengelola kelas dengan baik serta yang lebih utama bagaimana bisa menjadi seorang pendidik yang mampu mendidik siswa dengan baik.”

Dalam kegiatan PLP ini, para mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari guru pamong. Bimbingan yang didapatkan para mahasiswa adalah tentang penyusunan administrasi pembelajaran, mrico teaching, dan ujian praktik mengajarnya.

Kaesan Rafif Athallah (10), slah satu siswa kelas 5A mengatakan, “Pembelajarannya kali ini menyenangkan karena bisa mengenal lebih jauh tentang pernafasan pada hewan dan manusia. Di akhir pembelajaran siswa diberikan soal untuk latihan.”

Sementara itu, Ustadz Wahyudi Nugroho, S.Si, S.Pd selaku wali kelas sekaligus kelas 5A menyampaikan, “Praktik mengajar yang dilakukan oleh saudari Yuli Listyawati sudah cukup baik tetapi harus meningkatkan pengelolaan kelas agar pembelajaran lebih kondusif.” (Yudi/emyu)