Asyiknya Belajar Sifat Bunyi

Assalamu’alaikum Shofi, kamu bisa dengar suaraku nggak?

Wa’alaikumussalam iya Kaila, aku dengar suaramu dengan jelas

Itulah sebagian percakapan yang dilakukan oleh dua siswa kelas 4D SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menggunakan telepon mainan yang telah mereka buat. Pada pembelajaran tematik kali ini, Jumat (02/08) para siswa diajak membuktikan salah satu sifat bunyi yaitu merambat melalui benda padat, benda cair, maupun benda gas.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi salah satu muatan pembelajaran dalam tematik yang diminati para peserta didik ini. Hal ini disebabkan karena banyak kegiatan eksperimen yang bisa dilakukan. Para siswa melakukan eksperimen secara berkelompok. Alat dan bahan yang terdiri dari gelas mineral bekas, benang kasur, tusuk gigi, ember, corong, selang plastik, dan gunting mereka siapkan dengan penuh semangat.

Setelah merakit alat dan bahan sesuai langkah kerja, mereka pun mencoba hasil rakitannya, telepon tali maupun telepon selang.

“Alhamdulillah hari ini pengetahuanku bertambah, ternyata bunyi bisa merambat melalui air. Tadi aku percobaannya pakai ember, corong, dan air. Ember yang sudah diisi air kemudian dipukul-pukul pakai batu, aku mendengarkan suaranya dari dalam corong yang sudah dimasukkan ke ember, ternyata suara pukulan terdengar jelas,” kata Syifa dengan penuh antusias.

“Pembelajaran tematik kali ini selain mengajak para siswa untuk berkesperimen juga mengajarkan mereka untuk bermusyawarah. Sebelum bereksperimen, mereka melakukan musyawarah membagi tugas mengenai alat dan bahan yang harus mereka bawa. Harapan kami, pembelajaran kali ini memberikan pengalaman nyata kepada siswa, mereka menemukan dan membuktikan sendiri teori yang mereka dapatkan dari buku,” papar Wulansari, S. Pd selaku salah guru pengampu kelas 4. *(Wulansari/emyu)