Wakil Wali Kota Solo Sambut Visitor Penilai Lomba Gugus Depan Unggul Nasional 2019

Semangat Tenang Maksimal Juara (STMJ). Motto inilah yang menggelorakan semangat Ka Mabigus SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Kak Waskito, SPd beserta kakak-kakak pembina dalam menyiapkan dan menyambut visitasi dan penilaian Lomba Gugus Depan Unggul Nasional 2019 di SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Hari ini, Kamis (01/08) tampak nuansa yang berbeda dari biasanya. Umbul-umbul dan bendera merah putih serta bendera pramuka tampak terpasang rapi di sepanjang jalan masuk ke sekolah. Adik -adik pramuka siaga, penggalang, beserta kakak-kakak pembina pun turut serta menyambut kedatangan visitor dan penilai Kakak Pembina dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementrian Pendidikan Nasional. Mereka sangat bersemangat menyanyikan lagu Selamat Datang Kakak dengan iringan tepuk tangan yang meriah dengan seragam pramuka lengkap.

Tampak hadir Ka Kwarcab sekaligus Wakil Wali Kota Surakarta, Dr. Ahmad Purnomo, Apoteker. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Ibu Etty Retnowati, S.H. M.H., Kabid Dikdas Bapak Drs. Wahyono, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Surakarta Ibu Dra Rita Nirbaya, M.Pd, Ibu Camat Laweyan, dan Ibu Lurah Kerten, Pengurus Yayasan Nur Hidayah, Pengurus Komite Sekolah turut menyambut kehadiran para visitor tim penilai.

Iringan gending dari Waskito Laras juga ikut menyemarakkan penyambutan kali ini. Dengan dipandu oleh Kakak Tis’iyatur Roifah dan Kakak Agung Nugroho, acara pun dimulai. Acara ini diawali dengan Tari Kuda oleh 5 anggota pramuka penggalang dilanjutkan dengan sambutan oleh Ka Kwarcab yang sekaligus Wakil Walikota Kota Surakarta, Kak Ahmad Purnomo.

Dalam sambutannya beliau mengucapkan, “Selamat datang kepada Kakak Pembina dari Kwarnas di Kota Surakarta. Semoga kedatangan tim penilai ini membawa dampak positif bagi gerakan pramuka di Gugus Depan 11.31.01.679 dan 11.31.01.652 pada khususnya, dan gugus depan yang ada di Kota Surakarta pada umumnya. Selain itu, beliau juga memohon bimbingan dalam mengelola gugus di kota ini. Visitasi ini pun sebagai bekal untuk memperluas pengetahuan dan tata kelola administrasi dan prosedur yang berkesinambungan. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan semoga kakak-kakak pembina dari gerakan pramuka Kwarnas Jakarta dapat mengunjungi destinasi wisata yang terdapat di Kota Surakarta.”

Pada kesempatan ini Ka Mabigus sekaligus Kepala SDIT Nur Hidayah Surakarta Kak Waskito, S.Pd. menyampaikan tentang profil Gugus Depan SDIT Nur Hidayah di antaranya adalah susunan pengurus dan program-program kepramukaan. Beliau menuturkan bahwa, “Keikutsertaan SDIT Nur Hidayah mewakili Kota Surakarta di Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Gugus Depan Unggul ini diharapkan mampu menciptakan Gugus Depan Unggul dan mendidik pramuka siaga dan penggalang menjadi kader bangsa yang bermartabat, berkarakter, terampil, dan berakhlak mulia.”

Usai sambutan oleh Kamabigus SDIT Nur Hidayah, Kak Teguh Prihatmono, S.It selaku penilai dari Tim Penilai Lomba Gugus Depan Unggul Kwarnas menyampaikan, “Acara ini sebagai salah satu penguatan karakter dalam bidang kesenian, olahraga, dan Pramuka. Beliau juga memaparkan pada tahun 2012 Lomba Gugus Depan Unggul ini dilaksanakan untuk menilai dari sisi lembaga terutama tentang pengelolaan di sekolah dasar. Pada tahun ke – 5 lomba ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana gugus depan dilaksanakan. Jika gugus depan ini lolos dalam Lomba Gugus Depan Unggul ini, maka gugus depan 11.31.01.679 dan 11.31.01.652 akan mengikuti Festival Penggalang Ceria untuk 1 regu putra dan 1 regu putri.”

Dalam visitasi ini terdapat 7 komponen yang yang akan dilihat berkas-berkas dan keasliannya. Sebelumnya berkas komponen ini telah dikirim ke Kwarda pada bulan Mei 2019. Ketujuh komponen tersebut, yakni Komponen Sumber Daya Manusia, Komponen Manajemen, Administrasi, dan Kehumasan, Komponen Dana, Sarana, dan prasarana, Komponen Kegiatan, Komponen Proses, dan Komponen Prestasi, Komponen Kemitraan. Visitasi 7 komponen ini bertempat di lantai 2. Tampak kakak – kakak pembina yang bertugas di setiap komponen menyambut dengan senyum, ramah, sopan, dan santun.

Setelah Visitasi berkas, tim penilai mengecek keberadaan sanggar Pramuka. Pangkalan SDIT Nur Hidayah memiliki sanggar Pramuka di lantai 3 gedung timur. Berbagai perlengkapan dan piala ada di dalamnya. Penilaian berlanjut ke halaman sekolah, di sana adik-adik siaga dan penggalang bersiap dengan berbagai teknik kepramukaan. Senam semapore dan baris-berbaris dilihat langsung oleh Kak Teguh bersama Kak Dayan, S.E perwakilan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penilaian dan visitasi ini ditutup dengan evaluasi oleh Kak Teguh. Beliau menyampaikan bahwa sebagai pangkalan SDIT Nur Hidayah sudah mumpuni dalam administrasi kelembagaan. Berbagai kelebihan dari pangkalan sekolah dasar ini menjadi landasan adanya perbaikan sistem kepramukaan dari Kwarnas. Salah satunya akan dibentuk pengawas untuk gugus depan. Selain itu, Kak Teguh juga memberikan masukan terkait adanya MOU atau kerjasama atas nama pangkalan atau sekolah sebagai bahan pembelajaran dalam bidang kepramukaan.

Sementara itu Kak Drs Said Romadhon selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum memberikan ucapan selamat jalan kepada perwakilan dari Kwarda maupun Kwarnas. Selain itu beliau juga menyampaikan, “Selama 10 tahun terkait Kota Solo merupakan Kota Layak Anak. Karena itu pemerintah kota, berharap dengan adanya pendidikan karakter ini bisa mengurangi berbagai jenis tindak kekerasan antarteman. Tidak hanya itu, beliau juga berdoa agar SDIT Nur Hidayah menjadi juara dalam Lomba Gugus Depan Unggul ini. Sebab kemenangan SDIT Nur Hidayah tidak hanya menjadi kemenangan sekolah, tetapi juga membawa nama baik bagi Kota Surakarta.” *(Nunuk/emyu)