SDIT Nur Hidayah Ikuti Workshop Kurikulum 2013 ISDI Kota Surakarta

Di akhir pekan pertama masuk sekolah, Sabtu (20/07) Ikatan Sekolah Dasar Islam (ISDI) Kota Surakarta mengadakan Workshop Kurikulum 2013 di Hotel Syariah Arini. Kegiatan ini diikuti oleh 43 sekolah anggota ISDI Kota Surakarta dengan total peserta 130 orang. SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mendelegasikan 3 orang guru guna menambah wawasan mengenai K-13 dan sharing pengalaman antarguru.

Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para guru akan pemahaman K-13 terutama bagi sekolah yang baru pertama kali menggunakan K-13. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadzah Farida Nur Aini, S.Sos selaku Ketua Pelaksana, “Tujuan diadakan acara ini adalah kegiatan yang berbasis akan kebutuhan yaitu kebutuhan pemahaman kurikulum 2013.”

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 sesi dengan narasumber seorang praktisi pengajar langsung yaitu Ustadz Warsito, M.Pd.I dan Ustadzah Muslikah, S.Pd. Kegiatan tersebut mengupas tuntas mengenai K-13 mulai dari review K-13, komponen administrasi pembelajaran hingga teknis penilaian. Selain mendapatkan materi/ sosialisasi, para peserta juga diajak langsung mempraktikkan bersama dalam pembuatan administrasi pembelajaran.

Meskipun waktu semakin siang, antusias peserta dalam mengikuti kegiatan workshop masih sangat tinggi. Mereka dengan lantang bernyanyi bersama mengenai langkah-langkah pembuatan RPP yang menggemparkan ruang pertemuan Hotel Syariah Arini.

Ustadzah Nur Siti Aminah A, S.Pd, salah satu peserta dari SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta yang mengikuti workshop tersebut menyatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, apalagi bagi guru yang baru menggunakan K13. Benar-benar terkupas tuntas materi Kurtilasnya. Dengan gaya dan bahasa masing-masing narasumber yang mudah dipahami membuat materi yang disampaikan begitu menarik dan mengena pada peserta. Pada dasarnya, apapun kurikulumnya guru harus mampu dan siap melaksanakan itu semua.” *(Siti/emyu)