Kelas 3 SDIT Nur Hidayah Menanamkan Nilai Islam Peduli Lingkungan dengan Praktik Menanam Pohon

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam pernah bersabda: “Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim)”.

Jumat pagi (19/07), sederetan botol bekas yang telah dipotong 2 bagian tersusun rapi di dekat panggung buatan dengan latar belakang MMT berhiaskan dedaunan. Panggung terletak di depan Ruang Waka Gedung Barat SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Sekolah yang mengedepankan budaya Islami dan bervisi Menjadi Sekolah Bermutu, Berkarakter, dan Berbudaya Lingkungan . Botol bekas tersebut telah diisi tanah oleh beberapa guru.

Tampak juga 134 siswa-siswi kelas 3 berbaris rapi dan sungguh-sungguh mendengarkan penjelasan dari Ustadzah Syarifatul Istiqomah, S. Pd., salah satu guru kelas 3 tersebut. Hari ini rupanya ada kegiatan menanam tanaman sebagai puncak kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kelas 3 dengan tema Cinta Lingkungan, AYo Sayangi Hutan.

Semua siswa dibagi beberapa kelompok berdasarkan regu piket masing-masing kelas. Mereka terlihat antusias dengan pembelajaran praktek menanam tersebut.

Elyana Maulida Notaria Masna (8th), salah satu siswi kelas 3D mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang bisa melakukan kegiatan menanam bersama teman-teman. “Aku senang sekali bisa praktik menanam tanaman bersama teman-teman. Aku jadi ingin menanam di rumahku sendiri,” katanya.

Syarifatul Istiqomah, S. Pd., salah satu guru kelas 3 SDIT Nur Hidayah Surakarta menuturkan, “Kegiatan praktik menanam tanaman bagi siswa kelas 3 sebelum memulai tahun pelajaran 2019/2020 merupakan perwujudan visi sekolah yaitu menjadi sekolah bermutu, berkarakter dan berbudaya lingkungan. Selain itu, pengenalan dan pembiasaan sejak dini kepada anak-anak mengenai nilai Keislaman. Islam merupakan salah satu agama yang cinta dan peduli terhadap alam. Salah satunya ialah anjuran Rasulullah dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya karena membawa banyak manfaat. *(Fathoni/emyu)