Bugar dengan Senam dan Jalan Sehat Bersama

Pagi ini, Jumat (19/07) cuaca cukup cerah. Mentari menyapa semesta penuh kehangatan. Sinarnya menyelinap di antara dedaunan. Seakan melecut semangat insan untuk memuliakan hari raya ummat Islam dalam setiap pekannya. Tak terkecuali siswa-siswi kelas VI SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Mereka bersemangat hadir ke sekolah. Mengenakan pakaian olahraga, mereka tampak sumringah sembari menggendong tas sekolahnya. Beruluk salam dan berjabat tangan dengan ustadz/ah yang menyambut di gerbang sekolah, sembari bersedekah ringan menebar senyuman. Mereka segera merapikan alas kaki di loker sepatu masing-masing, lalu merapikan tas di kelas masing-masing.

Selanjutnya mereka bergegas menuju masjid sekolah untuk mengikuti majelis Jum’at pagi, sholat dhuha dan membaca surat Al-Kahfi. Selesai mendengarkan arahan dari salah satu ustadzah, mereka bergegas ke halaman sekolah. Tak lupa mereka kenakan sepatu. Ya, pagi ini mereka akan mengikuti senam bersama.

Dipandu oleh Ustadz Sunarto, selaku guru olahraga, mereka telah berbaris rapi dalam waktu hitungan detik. Merekapun mengikuti gerakan pemanasan, senam ayo bersatu, dan senam poco-poco, dengan iringan lagu dan hitungan yang semakin memompa semangat para siswa untuk menggerakkan badan dan membugarkan tubuh mereka. Ada canda ringan, teriakan yel-yel penyemangat mengiri olahraga mereka pagi ini. Tetesan peluh pun terlihat di wajah mereka, menandakan sehat berkeringat.

Usai senam, mereka berbaris rapi sesuai kelas masing-masing. Selanjutnya mereka mengikuti jalan sehat, menyusuri jalan-jalan kampun di sekitar sekolah. Mereka tampak menikmati udara segar dan jalan-jalan pagi ini. Tak berapa lama mereka telah kembali sampai di sekolah lagi. Mereka pun beristirahat sambil menikmati bekal minuman dan makanan ringan yang mereka bawa dari rumah.

Usai beristirahat mereka berkumpul di masjid sekolah untuk mengikuti kegiatan motivasi berprestasi yang disampaikan oleh Ustadz Husni Malik, S.P, S.Pd. Dalam penyampaiannya beliau menuturkan, “Anak-anakku sholih-sholihah Angkatan XVII, sebagai spirit penyemangat kita dalam berjihad meraih prestasi, kita akan menggunakan tagline RAMAH BERPRESTASI. Religious, Aktif, Mandiri, Alami, Harmonis untuk meraih PRESTASI. Ya, tentunya prestasi dunia dan prestasi akhirat dengan akidah yang kuat, ibadah yang mantab, dan akhlakul karimah.”

Fuad Hasan Al Amin (11) salah satu siswa kelas 6A menuturkan, “Badan jadi lebih bugar, berkeringat sehat. Senang dapat senam dan jalan sehat bersama teman-teman.” Sementara Aisyah Dhiyaulhaq (11), salah satu siswi kelas VIC menuturkan, “Setelah pagi berolahraga, agak siang dapat motivasi dari Ustadz Husni, semoga menambah semangat kami Angkatan XVII untuk berjihad meraih prestasi dengan akhlakul karimah.”*(Aziz/emyu)