Ceria dengan Berlomba

Suara riuh siswa-siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menggema di Aula Gedung Timur. Mereka nampak sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di hari keempat. Pagi ini, Kamis (18/7) siswa-siswi kelas 1 SDIT Nur Hidayah Surakarta diajak untuk melakukan kegiatan berkelompok agar mereka semakin mengenal dan juga melatih kekompakan dengan tim kelasnya. Selain itu, motorik kasar akan semakin terlatih dengan permainan ini.

Acara diawali dengan doa dan tahfidz Alquran bersama, yang didampingi Ustadz Ahmad Rofiqi. Setelah itu mereka diajak melakukan pemanasan, Ustazhah Reni Agustin Pryatiningrum, S.Pd. memandu mereka untuk bernyanyi sambil menggerakkan anggota badan. Para siswa nampak senang dan bersemangat.

Setelah semua peralatan sudah siap, lombapun dimulai. Para siswa dibagi menjadi empat kelompok putri dan empat kelompok putra. Kelompok putri berlomba untuk memindahkan bola dengan cara berlari. Kelompok putra memindahkan bendera dengan cara engklek. Teknis permainan diterangkan oleh Ustadzah Sutarmi. Secara bergantian mereka mengambil bola bagi kelompok putri dan bendera untuk kelompok putra. Setelah sampai pada garis depan dan meletakkan bola/bendera, mereka kembali ke kelompoknya untuk bergantian dengan teman satu tim. Tim yang mendapatkan bola/bendera paling banyak adalah pemenangnya.

Para siswa sangat riuh menyemangati kelompok kelasnya masing-masing. Fatani, salah satu siswa kelas 1C berteriak menyemangati teman-temannya, “Ayo 1C.. 1C menang!” . Teman-teman lainnya pun tidak mau kalah. Mereka menyemangati kelas mereka masing-masing. Mereka nampak harap-harap cemas ketika saat penghitungan. Salah satu siswa berkata, “Menang gak ya, aku takut “. Semua wajah begitu ceria ketika hasil diumumkan tanpa terlalu memperhatikan kalah maupun menang karena Ustadzah Sutarmi tetap mengapresiasi dan memotivasi setiap tim.

Ustadzah Siti Aminuriyah, S. Ag, S. Pd. mengatakan, “Kegiatan ini dapat menstimulus siswa dalam semangat berlomba dalam kebaikan, melatih kerja sama dalam team work, sabar antri untuk menunggu gilirannya, menstimulus kemampuan kinestetik siswa dan dapat membiasakan bersikap sportif dan percaya diri.” *(Ayu/emyu)