Pembinaan Dinas : Asah Profesionalisme Guru di Awal Pembelajaran 2019/2020

Rabu (17/7) diadakan Pembinaan Dinas yang diadakan oleh Gugus 6, 7, dan 9 Korwil 1 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta di SD Negeri Bratan 1. Perwakilan guru SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengikuti kegiatan ini sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif untuk menambah wawasan dan memompa semangat di awal tahun pembelajaran 2019/2020. Sebagaimana yang disampaikan ketua panitia, Bapak Sarjana, S.Pd, “Kegiatan ini bertujuan mengingatkan kembali tupoksi masing-masing kepala sekolah dan guru sebagai motivasi semangat untuk membina dan mendidik, serta dapat bekerja baik sesuai tupoksinya.”

Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan merupakan salah satu materi dalam Pembinaan Dinas kali ini. Sebagai seorang guru harus senantiasa ikhlas, cerdas, dan semuanya hanya berharap ridho Allah SWT. Profesi adalah bidang usaha manusia berdasarkan pengetahuan, di mana keahlian dan pengalaman pelakunya diperlukan masyarakat. Undang- Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 menyebutkan bahwa Pendidik Profesional memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Mutu Pendidikan adalah suatu keberhasilan proses dan hasil belajar yang menyenangkan. Adapun issue peningkatan mutu pendidikan adalah lulusan yang bermutu, perubahan yang sangat cepat, dan daya saing lulusan,” papar Ibu Yunita, S.Pd selaku Pengawas Gugus 6 dalam salah satu materi yang beliau sampaikan.

Ustadzah Qomariyah, S.S selaku guru kelas 2B yang ikut dalam kegiatan tersebut menuturkan, “Kegiatan Pembinaan Dinas ini sangat penting untuk memompa kembali semangat guru khususnya ustadz dan ustadzah SDIT Nur Hidayah Surakarta. Dengan pembinaan dari dinas dan disampaikan oleh pengawas Ibu Yunita dan Ibu Herlina ternyata semakin memguatkan guru untuk terus mendidik siswa-siswi dalam hal karakter. Bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus bertujuan hanya mengharap ridho Allah Swt semata. Alhamdulillah dengan pembinaan dinas ini jadi semakin semangat memberikan yang terbaik buat siswa-siswi tercinta dan lembaga SDIT Nur Hidayah Surakarta.”_ *(Qom/emyu)