Awali Pembelajaran Tematik Kelas 5 dengan Tari Kolosal

Suara iringan gending Tari Kelinci menggema dari lantai 3 gedung timur SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta (Rabu,17/07). Seluruh siswa kelas 5 mengikuti gerakan Tari Kelinci secara kolosal penuh semangat dan keceriaan. Pembelajaran tematik kali ini dimulai dengan menarikan Tari Kelinci dengan tujuan supaya siswa memahami dan dapat menirukan anggota gerak pada hewan.

Melompat, berjalan, berputar, ke kanan, ke kiri, siswa mengikuti gerakan kelinci. Sengaja Tari Kelinci dilaksanakan di awal pembelajaran tematik agar siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran tematik.

Setelah selesai menarikan tarian kelinci, Ustadzah Susilo Wardani, S.Pd menampilkan surat An Nur ayat 45, yang artinya “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Ayat tersebut semakin mempertegas bahwa Allahlah Yang Maha Berkendak dan Berkuasa menjadikan organ gerak hewan bermacam-macam. Harapannya dengan ditampilkan ayat suci Alquran, pembelajaran tematik dapat menumbuhkan jiwa, rasa, karsa, dan cipta.

Salsabila Halmar Ma’aly (5D), salah satu siswi kelas V menuturkan, Pembelajaran tematik kali ini menyenangkan karena bisa mengenal Tari Kelinci. Tadi bergerak seperti gerakan kelinci, sambil mengikuti iringan musiknya. Selain itu tentunya semakin menambah keyakinan akan kebenaran Alquran dengan disampaikan ayat-ayat yang terkait materi pembelajaran.”*(Dhani/emyu)