Asah Kreativitas dengan Menghias Kelas

Salah satu tujuan pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, adalah  membekali siswa dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian pendidikan dalam sekolah tidak hanya  membekali siswa dengan ilmu fardhu ‘ain, namun juga membekali siswa dengan ilmu fardhu kifayah atau yang biasa disebut pengembangan skill.

Demikian pula SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, turut aktif dalam setiap kegiatan pendidikan para siswanya agar kedepannya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi umat. Salah satu kegiatan asah kretivitas ini adalah dengan menghias kelas melalui konsep yang sudah ditentukan oleh ustadz/ ustadzah pengampu kelas.

Hal tersebut nampak seperti seperti yang dilakukan siswa-siswi kelas 4 pada hari ini, Rabu (17/7). Mengakhiri seluruh kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa kelas 4 diminta untuk menghias kelas dengan berbagai media yang sudah dipersiapkan. Sebelum memulai kegiatan menghias, para siswa gotong royong terlebih dahulu untuk membersihkan kelas. Baru setelahnya mereka mulai mengeluarkan kertas asturo, kertas origami, kertas crep, lem dan peralatan menghias lainnya.

Dengan dipandu oleh ustadz/ ustadzah kelas, para siswa tampak bersemangat menuangkan ide mereka. Ustadzah Wulansari, SP., S.Pd, salah satu guru kelas IV menuturkan, “Kegiatan ini bertujuan supaya para siswa lebih bersemangat dalam belajar, karena suasana kelas yang mendukung. Selain itu, juga  melatih siswa untuk mengasah kreativitas mereka, menumbuhkan rasa sosial dengan adanya kerjasama antar sesama teman. Serta yang tak kalah pentingnya adalah anak dididik untuk bertanggung jawab dalam menjaga kelas dan menumbuhkan rasa peduli terhadap  kepemilikan lingkungan kelas.”

Salah satu siswa kelas IV, Zulfa Arbat Sani Hanifah, mengatakan, “Kegiatan ini seru, karena dengan begitu saling membantu dan kelas menjadi indah.” Sementara siswi kelas IV lainnya, Keyla Vairuz Zahira mengatakan, “Sangat menyenangkan bisa menghias kelas bersama teman-teman. Membuat berbagai macam kreasi tanpa harus dibatasi.” *(Fauziyah/emyu)