MPLS Hari Kedua : Berkreasi Membuat Kartu Motivasi

Selasa (16/7) menjadi hari kedua kegiatan awalusannah atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa-siswi kelas 2 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Beragam kegiatan membangun keceriaan, moody, kerja sama disajikan hari ini. Targetnya para siswa benar-benar tergugah semangat belajarnya menghadapai tahun pelajaran baru 2019/2020, setelah cukup panjang libur Idul Fitri dan libur akhir tahun pelajaran.

Pagi hari, setelah bel tanda masuk berbunyi, dan mereka telah merapikan tas di kelasnya masing, mereka berbaris rapi di halaman sekolah. Dipandu oleh Ust. Narto selaku guru olahraga, mereka bergerak bersama mengikuti iringan lagu, bersenam Pinguin Bersama. Gelak tawa terlihat di sela-sela mereka menirukan gerakan dan polah hewan Pinguin. Usai senam mereka secara berkelompok bermain Benar-Salah. Permainan yang melatih konsentrasi dan kekompakan kelompok.

Siang harinya, pukul 13.00 – 14.00 adalah jam pelajaran terakhir, karena kegiatan di sekolah sudah mulai fullday school. Kegiatan di sesi terakhir diisi dengan kegiatan membuat kartu motivasi.

Ustadzah Leli Firli Rohmani, S.Psi selaku wali kelas 2 menyampaikan, “Anak-anak, hari ini kita akan membuat kartu motivasi. Kartu motivasi akan dipakai sebagai pengingat kita selama di kelas dua, agar kita menjadi lebih bersemangat.”

Siswa kelas 2 dengan bersemangat menuliskan kata-kata motivasi serta menghiasnya dengan crayon atau pensil warna. Askana Sakhi (8th), salah satu siswi kelas 2 mengatakan, “Aku ingin lebih bersemangat belajar”. Setelah selesai menulis dan mewarnai, kemudian kartu penyemangat yang berbentuk aneka buah pun digunting dengan rapi. Kartu yang sudah jadi ditempel di dinding kelas sebagai pajangan yang akan dilihat setiap saat nantinya.

Ustadzah Eni Hestuti, S.Pd menyampaikan, “Kegiatan hari kedua sekaligus penutup awalusannah kali ini bertempat di kelas masing masing sekaligus persiapan esok hari sudah mulai aktif pembelajaran.” *(Leli/emyu)