Serunya Bersih-bersih Kelas di MOS Pertamaku

Hari ini, Senin (15/7) halaman SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta kembali dipenuhi keceriaan siswa-siswi yang baru saja menghabiskan liburan panjang. Libur Idul Fitri 1440 H disambung libur akhir tahun pelajaran.

Ketika memasuki gerbang sekolah, mereka tampak tertib menyalami ustadz dan ustadzah yang berjejer menyapa di depan gerbang. Tak terkecuali siswa-siswi kelas 4. Sambil menggendong tas punggungnya, mereka juga membawa peralatan sholat dan alat kebersihan yang diprogramkan oleh ustadz/ah kelas 4 paralel.

Program utama kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau masa orièntasi siswa di hari pertaama untuk kelas 4 adalah pendisiplinan ibadah dan cinta lingkungan. Kegiatan utama kelas 4 adalah sholat dhuha yang dibimbing Ustadz Inoki Wasis Jatmiko, S. Pd, M. PdI selaku ketua pararel kelas 4. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama, serta pengumuman pembagian kelas.

Sedang kegiatan cinta lingkungan dipimpin langsung oleh ustadzah Wulansari, S.Pd. sebelumnya beliau telah meminta para siswa kelas 4 untuk membawa botol plastik kosong/bekas dari rumah. Kedepannya, botol tersebut akan digunakan oleh para siswa untuk mengumpulkan sampah-sampah kecil, sebelum dibuang ke tempat sampah. Kegiatan ini cukup menarik, karena para siswa diajarkan cinta lingkungan melalui membuang sampah melalui botol kecil.

Salah satu siswi kelas 4D, Qurrota A’yun menuturkan, “Senangnya hatiku di hari pertama masuk sekolah. Liburnya panjang, kangen sama teman-teman dan ustadz/ah. Sekarang kelasku baru, teman-teman sekelasku putri semua.” Sementara Mutia Asmi, salah satu siswi kelas 4C menuturkan pengalamannya, “Seru, hari pertama kita bersih-bersih kelas bareng teman-teman.”

Sementara salah satu ustadzah kelas 4, Endah Sri Handayani, S.Pd. menuturkan, “Tujuan kegiatan hari ini adalah untuk memperkenalkan tata tertib, adab, dan petunjuk teknis bagi para siswa. Dikenalkan lebih awal supaya para siswa terkondisikan di awal pertemuan.“*(Fauziyah/emyu)