Awalusannah Kelas 2 SDIT Nur Hidayah : Aku Belajar Menata Tas Sendiri

Hari ini hari pertamaku
Hari pertama ke sekolah
Senangnya hatiku
Diantar ayah ibu
Pergi berangkat ke sekolah…

Semarak hari pertama masuk sekolah pada hari Senin (15/7) mewarnai kegiatan Awalusannah kelas 2 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Kegiatan ini bertajuk “Aku Anak Mandiri”. Murojaah beberapa surat Alquran juz 30 bersama Ustadz Bisri, S.HI mengawali kegiatan pagi hari dilanjutkan dengan menyanyi bersama dengan gerak dan lagu Hari Pertama Masuk Sekolah. Ustadzah Qomariyah,S.S selaku pembawa acara membuat permainan serta lomba meraih bintang untuk gerak lagu ini. Perkenalan dengan ustadz ustadzah pengampu di kelas 2 menjadi saat yang ditunggu tunggu.

Pada sesi “Aku Anak Mandiri”, diisi oleh Ustadzah Dea Resti, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Beliau menyampaikan, “Anak anak sudah kelas dua, harus semakin mandiri dan hebat. Siapa yang sudah bisa menata tas sendiri?”

Beberapa siswa pun mengangkat tangannya. Alin (7th) salah satu siswa kelas 2 B mengungkapkan, “Aku sudah bisa menata tas ku sendiri, ustadzah!“. Alin diminta menyebutkan isi tasnya tanpa membuka dan Alin dapat menyebutkan isinya dengan benar. “Isinya buku tulis, crayon, minum, dan tempat pensil,” ujarnya.

Ketika tas ananda Alin dibuka, ternyata isinya benar karena Alin menata sendiri tasnya di rumah. Ustadzah Dea pun memberikan hadiah alat tulis kepada Alin dan beberapa teman yang penuh percaya diri mengikuti materi Aku Anak Mandiri.

Yel-yel kelas 2 yang penuh semangat pun menggema di gedung barat dan teras kelas 2 SD Islam Terpadu Nur Hidayah. Mereka berlatih penuh semangat untuk persiapan pembelajaran tahun pelajaran 2019/2020 dengan slogan, kelas 2 jujur, disiplin, mandiri, dan penyayang.

Ustadzah Eny Hestuti, S.S, S.Pd selaku koordinator guru kelas 2 paralel menyampaikan, “Kegiatan Awalusannah ini menjadi program sekolah yang diadakan selama dua hari yaitu tanggal 15-16 Juli 2019 sebagai bentuk persiapan dan pemompa semangat anak-anak pasca libur akhir tahun pelajaran.” *(Leli/emyu)