IMG-20190322-WA0018

Kelas 1 Belajar di Kampung Gerabah Klaten

Matahari terlihat bersinar cerah. Secerah hati siswa-siswi kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Pagi ini, (12/03) sejumlah 120 siswa mengikuti kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di Kampung Gerabah Klaten. Kegiatan ini untuk mengisi waktu rehat pasca Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Mengenakan baju batik khas sekolah, berwarna dominan hijau kuning, mereka tampak sumringah turun dari bus menuju tempat lokasi. Didampingi oleh ustadz/ah guru paralel kelas 1, mereka menghadirkan senyuman dan uluk salam saat disambut oleh beberapa orang tuan rumah yang siap memandu mereka bereksplorasi hari ini.

Kegiatan dimulai dengan belajar membatik menggunakan canting. Mereka mendapatkan kesempatan mempraktikkan penggunaan canting dan malam untuk membatik. Meski ada yang merasakan panas karena terkena malam saat membatik, namun mereka tampak menikmati menjadi ‘pembatik-pembatik ulung’. Beberapa diantara mereka, ada juga yang menggoreskan cantingnya dengan luwes, seakan mereka memang berbakat.

Merasakan minuman tradisional es dawet cendol khas Klaten merupakan momen yang menyegarkan setelah mereka membatik. Ada nikmat yang berbeda ketika mereka merasakan es dawet bersama-sama. Eksplorasi dilanjutkan dengan mengenal permainan tradisional bathokan. Para siswa diminta naik sandal bathok yang dijepit dengan tali panjang yang dipegang. Mereka pun tampak riang gembira tatkala mereka lomba berlari dengan sandal permainan tradisional itu.

Eksplorasi selanjutnya mereka berkreasi dari janur. Ada beragam kreasi yang dapat dibuat dari janur, seperti ketupat, keris-kerisan, dan lainnya. Membuat keris-kerisan dari janur sungguh menyenangkan. Hasil kreasi itu mereka bawa pulang untuk hadiah ayah bunda.

Tibalah saat yang mereka tunggu-tunggu. Melihat proses pembuatan gerabah, dan tentunya mempraktikkan langsung membuat miniatur gerabah. Pemandu kegiatan berkeliling di Kampung Gerabah mengajak para siswa melihat dan membuat proses pembuatan berbagai macam gerabah yang terbuat dari tanah liat.

Syifa (7,5th) siswa kelas 1D mengatakan “Seru banget Ustadzah, selain menyenangkan bisa menghias gerabah aku juga belajar mencetak bentuk bunga dan hewan dari tanah liat.” Sementara itu, Ustadz Sugeng Sugiharto, S.Ag selaku koordinator kelas 1 juga sekaligus ketua rombonga menyampaikan, “Kegiatan PBL ini adalah salah satu program kelas 1 pararel sebagai kegiatan outing juga mempraktekkan salah satu ketrampilan yang ada di pembelajaran tematik. PBL kali ini mengambil tema belajar dari bahan bahan alam.” *(Rohani)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *