IMG-20190313-WA0050

140 Siswa SDIT Nur Hidayah ikuti Try Out JSIT Indonesia

Pagi ini, Selasa (12/03/19) cuaca cukup cerah. Mentari pun bersinar menerangi semesta. Seakan menyapa penghuninya untuk bertasbih dan bersyukur dengan bertebaran di muka bumi untuk beraktivitas dan beribadah kepada-Nya. Tidak terkecuali warga SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Secerah cuaca pagi ini, langkah-langkah kecil penuh semangat terlihat dari siswa-siswi kelas 6 memasuki gerbang sekolah. Berseragam khas batik sekolah bercorak hijau kuning, mereka tampak gagah dan anggun. Disambut beberapa guru mereka beruluk salam, bersalaman, dan berbagi senyuman.

Usai meletakkan dan merapikan tasnya di tempatnya masing-masing, mereka bergegas menuju ke masjid sekolah yang berada di lantai dua, untuk menunaikan sholat dhuha yang dilanjutkan dengan dzikir dan doa pagi lalu ditambah dengan murojaah salah satu surat di juz 30. Tak ketinggalan, taushiyah dan motivasi dari salah satu guru kelas 6 menambah spirit mereka untuk mengikuti Try Out JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia di hari yang kedua ini.

Usai merapikan mukena dan alat sholat lainnya, mereka segera mengambil alat tulis, kartu ujian, dan bersiap masuk ruang ujian masing-masing. Pengawas ruang ujian pun telah siap di ruang masing-masing dengan seperangkat soal, lembar jawab komputer (LJK), dan ATK lainnya yang dibutuhkan. Usai berdoa bersama, pengarahan singkat tata tertib dari pengawas ruang, para peserta mengisi identitas diri di LJK. Bel tanda dimulainya mengerjakan berbunyi, mereka dengan tenang mengerjakan soal demi soal.

Ketua Panitia Try Out JSIT Indonesia tingkat sekolah sekaligus Koordinator Paralel kelas VI angkatan 16, Yuyun Yuningsih, S.Pd., menuturkan, “Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan Try Out JSIT, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang sehari sebelumnya diawali dengan mapel Pendidikan Agama Islam. Jumlah peserta yang ikut ada 140 siswa. Kita berharap dengan adanya Try Out JSIT ini semakin melatih para siswa mengerjakan soal yang sesuai dengan indikator irisan yang telah disosialisasikan. Tentunya sekaligus sebagai salah satu persiapan menuju USBN SD/MI 22-24 April 2019.

Salah satu siswi kelas 6 peserta Try Out JSIT Indonesia, Maisha Norin Amarilis (11), “Kemarin soal PAI bagiku gampang-gampang susah. Tapi alhmdulillah bisa mengerjakan semua. Karena malamnya sudah belajar. Aku berharap nilainya bagus.” Sementara siswi lainnya, Iva Alviana (11) mengatakan, “Tadi pas mengerjakan soal bahasa Indonesia, soalnya cukup susah. Beberapa soal jawaban pengecohnya mirip. Tapi alhamdulillah bisa mengerjakan semua. Berharap nilainya baik dan bisa membawa nama baik sekolah.”, tuturnya penuh harap. *(Ihsan)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *