Kelas 2 Membuat Prakarya 3 Dimensi

Senin (11/3) sejumlah 132 siswa kelas 2 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengisi kegiatan paska Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 dengan membuat prakarya 3 dimensi.

Para siswa bekerjasama dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 4 (empat) siswa. Adapun perlengkapan yang disiapkan adalah kertas bekas kardus, gunting, isolasi, dan bahan buatan berupa plastisin.

Kegiatan dimulai dengan merekatkan 4 kertas kardus dengan isolasi. Kemudian para siswa mulai berkreasi. Prakarya yang dibuat berupa miniatur kebun binatang. Aneka satwa berikut ekosistem sederhana mereka buat dengan menggunakan plastisin.

Semua anak tampak antusias menyelesaikan tugasnya. Hanifan Syafiyurrahman (8th) salah satu siswa kelas 2C mengungkapkan kegembiraannya, “Aku senang membuat miniatur kebun binatang ini karena bisa leluasa berkreasi dan bisa bekerjasama dengan teman-teman. Menyelesaikannya sambil ngobrol jadi asyik”.

Adapun Ustadzah Reni Agustin Priyatiningrum, S.Pd. menjelaskan, “Setelah sepekan para siswa mengerjakan tes, maka hari ini kita membuat kegiatan edukatif non formal namun tetap mengasyikkan. Kelas 2 memilih kegiatan membuat prakarya 3 dimensi miniatur kebun binatang dari bahan buatan plastisin. Disini para siswa selain dilatih daya imajinasinya, ketrampilan motorik halusnya, juga dikuatkan karakter sikap sosialnya dalam kerjasama pada sebuah kelompok. Para siswa diharapkan belajar berani menyampaikan ide-idenya namun juga harus bisa mengerti dan berkompromi atas ide  teman-temannya. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi satu rajutan tersendiri untuk menguatkan karakter unggulan yang tengah kita semai pada jiwa-jiwa generasi masa depan Indonesia di SDIT Nur Hidayah Surakarta”. *(Yan)