IMG-20190301-WA0021

Kelas 1D SDIT Nur Hidayah Adakan Pengajian Keluarga

Sabtu, (23/02), orang tua wali murid dan guru kelas 1D SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengadakan Pengajian Keluarga POMG (Paguyuban Orang tua Murid dan Guru). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas 1D. Acara yang berlangsung siang hari, pukul 13.00-15.00 tersebut dihadiri oleh orang tua wali murid kelas dan guru kelas 1D.

Kajian keluarga kali ini mengambil tema “Menjaga Kesehatan Keluarga dari Penyakit Menular Musiman” dengan menghadirkan dr. Ratna Kusumawati sebagai pembicara. Dalam penjelasannya dr Ratna menyampaikan, “Penyakit-penyakit yang mudah menular diantaranya yang paling banyak adalah influensa, kemuadian penyakit lainnya yaitu otitis media (telinga berair), campak, gondongen, difteri, dan demam berdarah. Penularan yang paling mudah adalah lewat udara, yaitu ketika anak batuk atau bersin, kemudian sentuhan tangan. Oleh sebab itu perlu dibiasakan pada anak untuk cuci tangan.”

Beliau juga menekankan, untuk mencegah terjadinya penularan akan lebih bijak jika anak diistirahatkan terlebih dahulu di rumah sampai sembuh. “Peyakit seperti cacar sangat mudah menular, walaupun sepertinya anak sudah sehat, tapi jika belum benar-benar sembuh sebaiknya istirahat di rumah dahulu. Kasihan temannya jika menular, karena prosesnya tidak langsung, ada masa inkubasi sehingga jika ada anak yang daya tahannya lemah, dia akan terkena penyakit juga.”

Ibu Anita Rachmawati, S. Pd selaku ketua POMG jelas 1D menjelaskan, “Tema yang diambil dengan pertimbangan diantaranya sudah ada panduan materi pomg dari sekolah dan kebetulan sesuai kondisi akhir2 ini yang memang sedang musim sakit, biar orangtua lebih paham tentang kesehatan, bisa sharing, dan lebih menjaga kesehatan keluarga.”

Sementara itu, Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi menyampaikan, “Pengajian keluarga menjadi sarana bersilaturrahim dan bertholabul ilmi bagi para orang tua siswa dan guru kelas. Menjadi ikhtiar untuk memaksimalkan sinergi pendidikan di rumah dan di sekolah. Ada beberapa kelas yang menggelar kegiatan Pengajian Keluarga hari ini. Ada yang dilaksanakan di sekolah, ada pula yang dilaksanakan di rumah orang tua siswa. Di antaranya kelas 3C, 2D, 1D, 4B, 3A dan 4C.
*(Ningrum)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *