Begini Cara Siswa Kelas VI SDIT Nur Hidayah Rehat

Pagi ini, (23/02) cuaca sangat cerah. Pancaran sinar kehangatan mentari menyapa semesta. Ada yang menyelinap di antara dedaunan. Ada pula yang memancar perkasa di atas atap-atap bangunan. Mengajak penghuninya untuk bertebaran di muka bumi, menunaikan tugas mulia. Bertasbih, bertakbir, bersyukur atas karuni tak terhingga dari Al-Kholiqnya.

Tidak terkecuali siswa-siswi kelas 6 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Berbalut pakaian muslim/muslimah bebas rapi, mereka tampak sumringah melangkahkan kaki memasuki gerbang sekolah. Senyum kesantunan nan ketawadhukan mengembang dari wajah mereka. Saling beruluk salam mendoakan kebaikan tatkala berjabat tangan dengan guru di gerbang sekolah. Tampak mereka membawa perbekalan untuk kegiatan hari ini.

Mereka bergegas menuju ke masjid setelah meletakkan tas dan perbekalan mereka di kelas masing-masing. Mereka telah menjaga wudhu sedari rumah. Berbaris rapi membentuk shof mereka menunaikan sholat dhuha. Dilanjutkan doa bersama dan muroja’ah beberapa surat dalam Alqur’an. Usai majelis pagi ini, mereka bergegas ke halaman sekolah. Senam bersama dan game ceria dipandu oleh salah seorang instruktur. Tawa riang canda bersama, semakin menyegarkan dan menggembirakan hari ini.

Kegembiraan itu berlanjut tatkala mereka bersama kelompoknya menyajikan bistik dan salad buah. Mereka kumpulkan di tengah lingkaran, bahan dan alat yang sudah dibagi pembawaannya. Mereka berbagi tugas untuk menyuci, mengupas, memotong buah untuk membuat salat buah. Ada juga yang mempersiapkan bahan untuk menyajikan salad. Obrolan ringan dan canda riang menyela di antara kerja kelompok mereka. Menyajikan hidangan selezat dan semenarik mungkin.

Salah satu siswa kelas 6, Lutfiannisa Tri Yuniarti (11), mengungkapkan, “Tadi kelompokku menyajikan bistik dan salad buah. Bahan bistik sudah dibawa dari sehingga tinggal menata dan menyajikan. Saat membuat salad buah, buah naga, pisang, semangka yang sudah dikupas, kemudian dipotong-potong, dimasukkan ke dalam satu wadah. Kemudian diberi mayones, yogurt, susu kental manis, lalu diaduk dan siap disajikan.” Sementara Gerrard Hafidz Sheehan (12) siswa kelas 6 lainnya, di sela-sela mengepel lantai membersihkan kotoran, menuturkan, “Baru pertama Aku membuat salad buah. Tampah pengalaman dan keterampilan. Asyik kegiatan hari ini. Bisa untuk rehat dari kegiatan rutin Sabtu, try out atau simulasi. Apalagi tadi menyajikannya secara berkelompok. Sehingga sambil bisa bergurau bergembira bersama teman-teman.”

Koordinator Guru Paralel Kelas 6, Yuyun Yuningsih, S.Pd., menuturkan “Kegiatan hari ini cukup berbeda dengan Sabtu sebelum-sebelumnya. Biasanya mereka berkutat dengan soal try out atau simulasi internal, ikhtiar memaksimalkan persiapan ujian akhir sekolah, hari ini para siswa rehat, rileks sejenak dengan beragam aktivitas menggembirakan hari ini. Selain untuk refressing, juga menguatkan kebersamaan kerja sama tim, dan tentunya semakin mengasah kemandirian, dengan lifeskill ringan hari ini. Harapannya kegiatan hari ini memberi energi kuat positif ke depan bagi para siswa untuk terus mengukir prestasi akhlak dan akademik.” *(Ihsan-Hary)