IMG-20190218-WA0025

Kokohkan Pendidikan Karakter dengan Duta Kedisiplinan Siswa

 

Disiplin itu kunci kesuksesan
Disiplin itu kunci keberhasilan
SDIT Nur Hidayah, Yes!
Duta Kedisiplinan, Siap!

Yel-yel penyemangat itu terdengar bergemuruh di aula sekolah. Ya, pagi ini, (18/2) sejumlah 60 siswa-siswi kelas 3, 4 dan 5 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, yang terpilih sebagai Duta Kedisiplinan Siswa mengikuti acara penyerahan seragam duta kedisiplinan. Para siswa duduk bershaf rapi dengan wajah sumringah dan penuh semangat.

Acara dibuka dengan murojaah bersama surat Adh Dhuha. Selanjutnya Ustadzah Yan Syakila, S. Ag selaku Koordinator Tim Kedisiplinan SD IT Nur Hidayah memberikan pesannya, “Pagi ini sekolah akan menyerahkan seragam khusus untuk para duta kedisiplinan. Seragam ini tidak sekadar baju. Namun sebagai pengingat diri pribadi bahwa para siswa sekalian dipercaya dan dipilih sekolah sebagai pribadi disiplin sehingga layak menjadi teladan tentang kedisiplinan dan bisa mengingatkan teman-temannya agar menjadi pribadi yang disiplin juga.”

Pemakaian seragam duta kedisiplinan ini dilakukan secara simbolis. Abyan Faqih Rasendria, (10) salah satu duta kedisiplinan dari kelas 5A mengungkapkan rasa bangga dan tanggung jawabnya. “Satu sisi ada rasa bangga menjadi duta disiplin tapi juga sadar bahwa menjadi duta ini adalah amanah dan harus bertanggungjawab. Bismillah semoga aku bisa. Mengingatkan teman terutama mengingatkan diri sendiri untuk disiplin,” tuturnya.

Sebelum penutupan, Ustadz Waskito S. Pd selaku kepala sekolah menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pagi ini. “Permendikbud No 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)  pasal 2 menyatakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dilaksanakan dengan penerapan nilai-nilai pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, rasa cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan bertanggungjawab. SDIT Nur Hidayah Surakarta menindaklanjuti Permendikbud tersebut, salah satunya dengan membentuk Duta Kedisiplinan Sekolah. Ada 5 point utama yang digarap, yakni kedisiplinan wudhu, sholat, budi pekerti/akhlak, seragam dan kedatangan pagi serta adab makan. Sesuai visi sekolah yaitu menjadi sekolah yang bermutu, berkarakter, dan berbudaya lingkungan, semoga adanya duta ini akan menguatkan karakter unggulan bagi para duta khususnya dan seluruh siswa pada umumnya”, pungkasnya. *(Yan & Indah)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *