IMG-20190118-WA0030

Tampilkan Bakat Siswa, Kenalkan Alat Musik Diatonis

 

Pagi ini (18/1/2019) cuaca cukup cerah dibandingkan hari-hari sebelumnya yang digelayuti dengan mendung dan hujan. Mentari menyapa semesta penuh kehangatan. Hangatnya menggugah semangat untuk beraktivitas pagi ini. Tak terkecuali siswa-siswi kelas 5C Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta.

Waktu pada jam dinding tepat menunjukkan pukul 07.00 WIB. Bel tanda masuk kelas telah berbunyi. Seperti biasa setelah berdoa dan tahfidz pagi, pembelajaran tematik pun dimulai pada pukul 07.50 WIB. Namun khusus hari ini ada yg berbeda, karena salah satu murid kelas 5C, Refalina Faiza Khairuni (11) yang biasa disapa teman temannya dengan panggilan Refa, akan berbagi ilmu kepada teman-temannya dengan menampilkan bagaimana cara memainkan salah satu alat musik diatonis yaitu biola.

Ustadzah Susilo Wardani, S.Pd menyampaikan, “Tangga nada terdiri dari dua macam, yaitu diatonis dan pentatonis. Salah satu mengenal nada diatonis dapat dikenal melalui alat musik, yaitu biola, yang pada kesempatan ini akan ditampilkan oleh satu teman kalian. “

Waktu yang ditunggu para siswa telah tiba. Refa mempersiapkan alat musiknya. Seluruh siswa duduk dengan tertib di tempatnya masing-masing. Nampak Refa mulai menjelaskan bagian bagian alat musik biola dan mengenalkan notnya sebelum menampilkan permainan alat musik biola.

Tepuk tangan meriah mulai menggema saat Refa menampilkan lirik lagu pertamanya yaitu “Go Tell Aunt Rodhy“_. Kemudian dilanjutkan dengan menampilkan lirik lagu kedua yaitu “Ambilkan Bulan Bu”. Penampilan Refa sangat mengagumkan dan penuh penghayatan. Siswa siswa kelas 5C juga terlihat menikmati pembelajaran Tematik hari ini. Mereka terlihat sangat antusias dan terhibur.

Usai pembelajaran, Refa menuturkan “Ini merupakan pengalaman yang mengesankan karena pertama kali perform di depan teman-temannya dan saya juga sangat senang karena bisa berbagi ilmu dengan teman-teman”. Salah satu siswa kelas 5C, Bianca Asyifa Pritadewi (10) menuturkan kesannya, “Bunyi alat musik biola sangat bagus dan lagu yang dimainkan membuat terharu sehingga ingin menangis. Selain itu menjadi tahu contoh alat musik diatonis.”

Diakhir pembelajaran Ustdzh Susilo Wardani, S.Pd menuturkan tentang 8 kecerdasan yang bisa dimiliki anak anak. Hal ini dimaksudkan agar anak anak tidak hanya fokus pada nilai akademis saja sehingga termotivasi untuk menggali bakatnya masing masing. (Dani&Ike/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *