0fb6ff8e-ae71-4c67-9d51-33f840bad729

Mengerti Kesetaraan Nilai Uang Sambil Bermain

Waktu menunjukan pukul 10.30 Rabu, 17/10/2018, bel masuk pembelajaran ke-3 berbunyi. Siswa-siswi kelas 2D SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta masuk kelas untuk mengikuti pembalajaran tematik.

Kali ini Ustadzah Reni Agustin Priyatiningrum, S.Pd mengajak siswa-siswi kelas 2D bermain Kesetaraan Nilai Uang. Diawali dengan pengenalan nilai keislaman: Allah, tidak ada yang setara dengan Dia(QS. Al-Ikhlas).

Dengan alat peraga kartu uang, ustadzah menjelaskan terlebih dahulu kesetaraan nilai uang. Untuk memastikan pemahaman, Ustadzah Reni meminta beberapa siswa untuk mengambil beberapa peraga sesuai dengan nilai yang diminta. Misalkan untuk nilai uang Rp1.000,00 para siswa bisa membentuknya dengan beberapa versi gabungan pecahan (2 keping 500an, 10 keping 100an dst).

Setelah penjelasan di rasa cukup, Ustadzah memulai permainan. Masing-masing siswa diberikan satu keping/lembar uang dengan nilai yang berbeda. Ustadzah meminta siswa berkumpul dengan siswa sesuai nilai uang yang ditentukan.

Muh. Faridh Azzam (7th), Luthfan Qowwaminna Hamizan (7 th), dan Agha Al Falah Azza( 7th) senang sekali bisa membentuk nilai uang Rp15.000,00 dari 3 lembar lima ribuan yang mereka bawa.

“Jadi lebih mudah belajar nilai uang dengan bermain bersama Ustadzah,” kata Elyana Maulida Notaria ( 7th).

_”SDIT Nur Hidayah Surakarta senantiasa memberikan motivasi kepada para guru untuk menyampaikan pembelajaran kreatif, efektif, dan menyenangkan. Termasuk keterpaduannya dengan nilai-nilai keislaman,” demikian penjelasan Ustadzah Muslikah, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. *(reni/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *