WhatsApp Image 2018-10-08 at 07.00.39

Visitasi Lomba Budaya Mutu Sekolah Kemendikbud

Sebuah pagi yang berbeda, alunan gendhing jawa kebo giro terdengar di aula SD Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah Surakarta. Kerawitan ini disajikan oleh perwakilan guru dan karyawan SDIT Nur Hidayah Surakarta. Kamis (4/10) SDIT Nur Hidayah Surakarta Surakarta menerima kedatangan 2 juri dari 2 macam lomba yakni tim visitasi Lomba Mutu dan Budaya Sekolah (LBMS) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta dan juri Lomba Toilet Bersih dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Selain tim visitor dan juri, kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Dra. Rita Nirbaya, M. Pd selaku KASI Kurikulum SD Dinas Pendidikan Surakarta, Bpk. Budi Paryono, S.H, MH selaku Ketua Korwil 1 Laweyan-Serengan, Dinas Pendidikan Surakarta, Pengurus Yayasan Nur Hidayah Surakarta, Pengurus Komite Sekolah, dan guru karyawan SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Selesai kerawitan, dilanjutkan dengan penampilan tari kupu-kupu oleh  perwakilan siswa. Berikutnya berturut-turut unjuk kebolehan dari ekstra kurikuler yang ada di SDIT Nur Hidayah; nasyid, tapak suci, taekwondo,robotik, kewirausahaa, melukis, dokter kecil, bahasa inggris, mendongeng, dan pramuka.

Para tamu tampak sangat menikmati dan antusias menyaksikan setiap penampilan. Hal ini terlihat dari gemuruh tepuk tangan para tamu setiap penampilan selesai disajikan. Ustadz Waskito, S. Pd selaku kepala sekolah SDIT Nur Hidayah Surakarta memaparkan tentang profil sekolah, “Sekolah kami senantiasa melakukan inovasi dan pengembangan diberbagai lini. SDIT Nur Hidayah mempunyai 17 ragam ekstra kurikuler yang ditujukan untuk mewadahi berbagai bakat dan minat para siswa. Selain itu keterlibatan komite sekolah dan paguyuban orangtua murid sejumlah 24 kelompok yang sangat kooperatif dengan kegiatan sekolah. Dari segi kurikulum, SDIT mensinergikan antara kurikulum dinas dan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Berbagai faktor inilah yang menjadi kekuatan tersendiri untuk mewujudkan misi sekolah yakni sebagai sekolah yang ramah anak, berkarakter, berprestasi gemilang serta menuju berwawasan lingkungan.”

Kegiatan berlanjut dengan visitasi juri ke lingkungan sekolah. Untuk juri LBM melakukan kunjung ke setiap kelas, perpustakaan, dan berbagai sarana prasarana pendukung sekolah. Sedang juri Lomba Toilet Bersih melakukan observasi kesetiap bagian yang terkait dengan kebersihan lingkungan sekolah.

Serangkaian acara ditutup dengan sarasehan bersama sembari menikmati  laras gendhing jawa, salah satu budaya lokal yang mulai diajarkan di SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Dwi Suryani, M. Pd, salah satu juri LBMS menyampaikan, “Kami senang adanya sekolah-sekolah yang senantiasa berinovasi dan mengembangkan diri dalam mendidik generasi bangsa. Dan SDIT Nur Hidayah dengan budaya literasinya yang terlihat berkembang, kerjasama yang bagus dengan komite sekolah, beragamnya ekstrakurikuler dengan berbagai prestasinya semoga menjadi salah satu motor penggerak kebaikan bangsa ini di bidang pendidikan.” *(yan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *