WhatsApp Image 2018-09-29 at 09.25.45

Serunya Memasak dan Jualan Bersama

Riuhnya aula SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta pagi ini (30/09). Sejumlah 142 siswa-siswi kelas 6 pagi ini memasak bersama dan nantinya menjual hasil masakannya ke warga sekolah. Kelompok siswa putra menggelar masak bersama di aula sekolah lantai 1, sementara kelompok siswi menggelar masakan di aula lantai 3.

Sebelum menata perlengkapan dan bahan masakan, mereka melambari dengan kertas dan koran bekas. Harapannya bisa meminimalisir ceceran air dan sampah di lantai. Mereka ingin berkreasi dalam memasak tetapi tetap terjaga kebersihan nya.

Tampak mereka asyik bekerja sama dengan kelompoknya masing-masing. Ada yang menyediakan bahan, memulai menyalakan kompor, menggoreng dan merebus bahan. Ada pula yang menyajikan menu minuman khasnya. Mereka berusaha menyajikan menu terbaik dan terenak. Apalagi nantinya hasil masakan mereka akan dijual ke warga sekolah.

Daary Fawwaz (12), salah satu siswa kelas 6B di sela-sela memasukkan nasi goreng yang telah matang ke dalam box menurutkan, “Senang dapat memasak dengan teman-teman, sambil untuk refresing. Kelompokku buat nasi goreng dan es buah. Insya allah nanti jadi 10 box nasi goreng yang siap dijual. Es buahnya jadi 15 gelas cup. Semua modalnya Rp32.000,-. Mudah-mudahan nanti laku semua dan untung.”

Sementara siswa lainnya, Haidar Nur Sasongko Wirid Panoyo (11th) menuturkan, “Kelompokku membuat pangsit. Bahannya kulit pangsit, abon, kornet dan telur. Caranya kulit pangsit diisi abon dan kornet, lalu diberi telur, di lipat membentuk segi tiga, baru digoreng. Minuman nya buat jus mangga. Semoga nanti laris terjual semua.”

Ustadz Muhammad Ihsan, salah satu guru kelas 6, dalam rilis nya menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerjasama dan jiwa enterpreneur para siswa. Mereka juga dilatih untuk menghitung modal awal dan hasil dari penjualan untuk lebih me motivasi mereka menghadirkan menu yang menarik dan enak. Serta berupaya untuk menjajakan dagangannya sampai habis.” *(ihsan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *