WhatsApp Image 2018-09-29 at 07.57.57

Outing Class Kelas 2 : Meluaskan Pengalaman dan Menyenangkan

Pagi masih menunjukkan pukul 06.30 WIB. Namun lapangan gedung barat gedung barat SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta sudah tampak riuh. Para siswa yang akan belajar outing class berbaris rapi sesuai kelas. Para orangtua yang menghantar putra-putri tercinta tampak asyik mengamati sembari mengobrol santai dengan sesama pengantar lain. Bahkan matahari pun memancar cerah seakan memberi kan semangat. Di sisi selatan lapangan, para siswa kelas 2 dipandu oleh ustadz/ahnya mulai mempersiapkan keberangkatan.

Rabu (26/9)siswa kelas 2 SDIT Nur Hidayah Surakarta akan melakukan pembelajaran diluar sekolah. Dengan tujuan Kecamatan Jatinom dan Karanganom Klaten. Rombongan tiba di tujuan pertama outing class yaitu di Kecamatan Jatinom. Di sini mereka menimba pengalaman di tiga area sekaligus yaitu pabrik tahu APU (Al Azhar Peduli Umat), Peternakan Sapi dan Domba, serta Pertanian.

Tiba di lokasi rombongan dibagi 2 kelompok. Kelompok pertama menjelajah area peternakan dan pertanian. Kelompok dua menjelajah pabrik tahu. Di peternakan mereka dikenalkan cara penggemukan sapi, jenis sapi, aneka pakan ternak baik untuk sapi ataupun untuk domba. Bagian yang menggembirakan para siswa adalah saat mereka dipersilahkan untuk memberi pakan rumput ‘kolonjono”.

Mereka sangat bersemangat mengambil rumput yang sudah disediakan dan memberikan kepada sapi. Selanjutnya petualngan dilanjutkan ke area pertanian. Disini para siswa dikenalkan aneka tanaman dari rumput gajah, tanaman cabe, kangkung, ketela rambat, tanaman singkong, bayam, pohon kelengkeng, sampai pohon durian yang tengah berbuah.

Area berikutnya adalah pabrik tahu. Mereka dikenalkan proses pembuatan tahu mulai dari penggilingan tahu sampai pengepakan yahu siap jual. Para siswapun berkesempatan untuk mengiris tahu bahkan dipersilahkan untuk mencicipi tahu yang baru saja jadi. Di Pabrik tahu APU ini ada 2 jenis tahu yakni tahu putih yang kedua tahu kuning dimana pewarnanya adalah pewarna alami dari kunyit.

Penjelajahan di rute pertama diakhiri dengan pamitan dan masing-masing siswa mendapatkan oleh-oleh tahu APU. Petualangan dilanjutkan ke daerah Karanganom Klaten, tepatnya di kampong Banyui Beku Karanganom. Disini siswa mendapat pembelajaran cara membuat kue semprong.

Setiap kelas berkesempatan menyaksikan pembuatan semprong dan mencicipi kue semprong yang masih hangat. Menjelang sholat dhuhur para siswa diarahkan menuju ke masjid kampong dengan mengendarai sepur kelinci. Selanjutnya dengan berjalan kaki kurang lebih 50 meter para siswa menuju wahana outbond. Disini para siswa diajak untuk naik perahu menyusuri sungai.

Hafidz Ahmad Rizqillah (7th) salah satu siswa 2C menyampaikan, “ Baru tahu tanaman kacang tanah. Bayangan selama ini kacangnya itu ada diatas tanah ternyata terpendam ditanah. Saat dicabut baru kelihatan kacangnya.” Sedangkan Harumi Nawa Sita (7th) salah satu siswa 2B mengungkapkan, “Aku senang sekali. Baru kali ini lihat cara membuat tahu dan lihat sapi besar-besar dengan jumlah yang banyak. Dan baru pertama kali naik perahu. Awalnya aku khawatir jatuh. Tapi ustadz menyemangati. Akhirnya aku berani. Waah..ternyata asyik sekali.”

Waktu menunjuk pukul 15.00 WIB ketika para siswa dan rombongan pamit untuk pulang ke SDIT Nur Hidayah. Ustadz Sunarto, S. Pd, selaku Ketua Panitia Praktik Belajar Lapangan (PBL) kelas 2 menuturkan, “ Seorang muslim haruslah mempunyai wawasan yang luas. Dan untuk menambah ilmu, pengalaman serta menjadi tempat belajar itu bisa di mana saja. Oleh karenanya SDIT Nur Hidayah Surakarta mengagendakan program kegiatan PBL. Untuk kali ini tim kelas 2 berkesempatan menghantar para siswa belajar di pabrik tahu APU, peternakan, pertanian, pembuatan kue semprong dan pengalaman naik perahu di sungai. Semoga kegiatan ini semakin memperkaya pengalaman dan wawasan para siswa.” *(yan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *