WhatsApp Image 2018-09-24 at 07.31.57

Keluarga Besar Kelas 3D Adakan POMG dan Tarling Perdana

Para siswa kelas 3D masih nampak semangat siang itu. Matahari tepat di puncak ketika mereka bersama menuruni tangga menuju mobil beberapa orangtua siswa. Begitulah kiranya secuplik pemandangan pada Sabtu (22/9) lalu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Para siswa mendapat undangan istimewa ke rumah Abdillah Kenzie guna melaksanakan agenda tadarus keliling untuk pertama kalinya. Tadarus keliling atau yang dibiasa disingkat Tarling ini sudah beberapa waktu lalu direncanakan. Karena itu wajar sekali siswa-siswi ini tak sabar menanti. Tak ingin kalah, untuk menyambung silaturahmi para ayah bunda kelas 3D menggabungkan acara Paguyuban Orangtua Murid dan Guru (POMG) pada acara tersebut.

Di dalam rumah Kenzie, Tarling dimulai dengan membaca Al-Fatihah dan tilawah Al-Quran bersama Ustadzah Roihatul Hasanah, S.Pd.I. Acara dilanjutkan dengan istirahat, lalu game ‘Mengenal Temanku’ bersama Ustadzah Dea Resti Amalia, S.Pd. “Permainan kecil ini bertujuan agar kita bisa mengajarkan anak-anak untuk saling mengenal. Sehingga mereka tidak hanya dekat dengan satu atau dua anak,” tuturnya di sela permainan.

Tak hanya permainan bersama teman, Tarling juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize. Tentu saja acara menjadi sangat hidup dan menyenangkan. Acara tarling ditutup dengan salat Ashar berjamaah. Di waktu bersamaan dengan tarling, ayah bunda wali murid kelas 3D mendengakan materi dari Ustadzah Wulansari, S.P, S.Pd selaku pembicara. ‘Menjaga Fitrah Anak’ adalah materi utama yang dibahas bersama.

“Menjadi orang tua harus siap dan menyadari bahwa ada amanah (anak) dari Allah yang harus dijaga kefitrahannya. Fitrah keimanan, fitrah bakat, fitrah belajar dan bernalar, serta fitrah seksualitasnya,” ungkap ustadzah yang seringkali mengisi siaran parenting di salah satu radio di Kota Surakarta ini.

Pada acara ini juga disampaikan berbagai kegiatan belajar mengajar maupun perkembangan para siswa. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadzah Roi. “Ini merupakan POMG perdana untuk kelas 3D. Kami sampaikan kegiatan-kegiatan sekolah di waktu dekat seperti rehat yang diisi dengan PBL dan classmeeting, kemudian rencana pembagian hasil belajar siswa PTS, juga beberapa hal berkaitan dengan pembelajaran di kelas selama setengah semester ini,” paparnya.

Sementara selaku tuan rumah, ibunda Kenzie yang biasa dipanggil Mama Liza menyampaikan rasa senangnya. “Iya, saya senang sekali. Kami dari kelompok satu POMG kelas 3D sangat bahagia. Sebab bapak ibu dari 33 siswa bisa rawuh semua menghadiri acara silaturahmi ini. Alhamdulillah bisa hadir 100%,” ungkapnya.

Seperti diketahui, acara POMG merupakan acara silaturahmi yang dinaungi oleh Bagian Kehumasan. Acara ini dilaksanakan dua kali dalam satu semester. Sementara untuk kegiatan Tarling pun demikian. Untuk menuju tempat tarling, biasanya para wali murid dengan senang hati meluangkan waktu untuk mengantar.
“Karena keterbatasan armada sekolah, biasanya ayah bunda berkenan untuk mengantar. Hal ini merupakan bentuk sinergi yang menjadi salah satu kekhasan sekolah kami,” pungkas Rahmat Hariyadi, S.Pd selaku waka Humas SDIT Nur Hidayah Surakarta. *(indah/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *