WhatsApp Image 2018-09-24 at 10.27.11

Life Skill: Aku Belajar Mandiri

Sabtu (8/9) pagi siswa-siswi kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah berbaris rapi, mengawali hari dengan doa bersama. Doa pagi serta semangat pagi diakhiri dengan murojaah bersama. Karena perdana masuk di hari Sabtu, siswa kelas 1 mendapatkan pengarahan kegiatan Sabtu Ceria.

Menjadi Sabtu yang ditunggu karena siswa membawa mainan kesukaan sebagai bentuk aplikasi pembelajaran tema Kegemaranku serta belajar life skill sebagai kegiatan mengasah keterampilan hidup yang akan bermanfaat di kemudian hari. Semangat pagi diakhiri dengan hafalan bersama surat-surat dalam Juz 30 bersama Ustadzah Siti Rohani, S.PdI.

Setiap Sabtu ke-2 dan ke-4 siswa kelas satu masuk sekolah dengan pembelajaran Life Skill. Life Skill melatih kemandirian siswa sesuai dengan tahapan perkembangan anak anak. Seperti hari ini yaitu belajar mengancingkan baju. Mahrin Zulfa Savaira Vito (6 th) salah satu siswi kelas 1C menganggukkan kepala saat ditanya guru, “Mbak Zulfa sudah pintar mengancingkan baju sendiri ya, Nak?”

Pembelajaran diawali dengan cerita pentingnya belajar mandiri. Belajar mandiri juga termasuk salah satu bentuk membantu orangtua. Berawal dari mengenalkan, memberi contoh, serta mau mencoba. Setiap siswa akan terbiasa melakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Seperti yang akan dipraktikkan dalam pembelajaran Life Skill kali ini.

Satu persatu siswa pun mempraktikkan cara mengancingkan baju dengan penuh semangat. Kegiatan ini diikuti semua siswa kelas 1a sampai 1d yang berjumlah 112 siswa. Ustadzah Leli Firli Rahmani, S.Psi, salah satu guru kelas 1 menurutkan, “Mengajarkan dan membiasakan kemandirian anak perlu dilakukan sejak dini. Semakin matang kemandiriannya semakin memudahkan ia dalam melakukan peran dan tugasnya.” *(leli/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *