WhatsApp Image 2018-09-07 at 07.35.43

Belajarnya Anak Milineal

Lajulah prahuku laju
Jangan hirau angin datang
Meluncur di air biru
Biarkan bertiup kencang

Lirik lagu di atas dinyanyikan para siswa kelas 2B SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta dengan ceria. Sembari mereka mengamati guru tematiknya, Muslihah, S. Pd., menempelkan perahu-perahu kertas ke papan tulis. Wajah para siswa terlihat begitu penasaran dan antusias  memperhatikan pembelajaran.

Guru mengelompokkan perahu kertas menjadi tiga. Setiap kelompok terdiri dari dua buah perahu. Rabu (05/09) ternyata guru tersebut tengah mengajarkan tentang konsep perkalian. Sebagai penguatan, setiap siswa diminta untuk mengerjakan lembar kerja sederhana.
Setelah selesai, siswa diajak untuk memperhatikan asal pembuatan perahu kertas, yakni terbuat dari lembaran kertas yang merupakan salah satu contoh benda padat.

Kemudian guru menerangkan sifat-sifat benda dan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh sifat benda padat yang mereka ketahui.
Selanjutnya Ustadzah Mus, demikian panggilan guru yang sering berbagi ilmu dan pelatihan pembelajaran ke instansi lain itu, menerangkan bahwa perahu adalah salah satu alat transportasi di air. Sedangkan air juga salah satu contoh sifat benda cair.

Sebelum mengakhiri pembelajaran, Ustadzah Mus memberikan tugas di rumah yakni para siswa diminta untuk membuat perahu kertas. Pembuatan perahu kertas ini dilaporkan kepada guru dengan cara mengirimkan video pembuatan perahu kertasnya. Muhammad Firdaus (7th), salah satu siswa kelas 2B mengungkapkan, “Dari perahu kertas saja aku bisa belajar perkalian dan sifat benda padat dan cair. Pembelajarannya menyenangkan sekali, seperti bermain.”

Sedangkan Wafa Malik Ar Rifki (7th), salah satu siswa kelas 2B lainnya, mengungkapkan keriangannya ketika mendapat tugas membuat video pembuatan perahu kertas, “Wah, asyik belajarnya divideo. Kata ustadzah nanti hasil video akan dikirim ke facebook agar bisa berbagi ilmu dan dicontoh anak-anak lain.” Ustadzah Muslihah, S.Pd. menuturkan, “Tujuan dari pembelajaran ini sesuai kompetensi dasarnya adalah mengenal wujud benda. Di sini kami menyajikanya dengan menyesuaikan dunia anak-anak yakni dunia bermain. Kami memanfaatkan bermain perahu kertas untuk sarana belajar. Sedangkan tugas membuat video bertujuan untuk menguatkan karakter siswa. Para siswa dilatih berani untuk tampil dan menyampaikan atau menerangkan tentang tugas membuat perahunya.” *(yan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *