WhatsApp Image 2018-08-30 at 07.00.44

Kreasi Jemariku

Selasa (28/8) pagi pada jam pelajaran pertama tampak para guru kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mempersiapkan alat dan bahan untuk pembelajaran finger painting. Serasa ada hajatan kecil, para guru kelas 1 saling bahu membahu mempersiapkan di dapur sekolah.

Siti Aminuriyah, S.Ag, S.Pd selaku koordinator muatan pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) menyampaikan, “Bahan yang dipakai untuk membuat cat aman untuk para siswa, karena berbahan dasar dari bahan-bahan makanan. Tepung kanji, gula, garam, dan pewarna makanan. Semua bahan diolah sesuai dengan resep yang sudah ditentukan.

Setelah beberapa waktu diproses, bahan untuk kegiatan finger painting sudah siap untuk siswa-siswi di 4 rombel kelas 1. Sebelum melakukan kegiatan finger painting guru menjelaskan bahwa finger painting adalah kegiatan melukis dengan jari atau telapak tangan sebagai kuasnya. Siswa diingatkan untuk berani berkreasi dengan indera peraba mereka.

Leli Firli Rohmani, S.Psi., salah satu guru kelas 1 memberi contoh cara mencelupkan jari tangan dan telapak tangan ke dalam cat dan melukis di atas kertas. Para siswa terlihat antusias memperhatikan cara melukis memakai jari jemari. Bahan-bahan yang dipakai serta urutan membuat cat pun disampaikan agar siswa memahami bahwa cat yang ada di depan mereka adalah buatan sendiri dan aman digunakan.

Usai mendatapkan penjelasan dan contoh cara kerjanya, para siswa pun berkreasi dengan senang hati. Seakan mendapatkan permainan baru, mereka berkreasi dengan kreativitas masing-masing. Tak ada rasa takut untuk mencelupkan tangan mereka ke dalam tinta, dan menggoreskan pada sebuah kertas yang telah disiapkan.

Kreasi mereka sangat beragam. “Rasanya lengket, aku mau melukis tank,” ujar Faqih Auliaurrahman (6 th) salah siswa kelas 1C, di tengah-tengah kegembiraannya menggoreskan tinta pakai tangan dan membentuk gambar sebuah tank. Sementara, Waka Humas SD Islam Terpadu Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S.Pd. menuturkan, “Kegiatan finger painting ini memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah melatih motorik halus pada anak, media ekspresi emosi anak, mengembangkan dan mengenalkan estetika tentang keindahan bentuk dan warna, serta mengembangkan imaginasi dan kreativitas anak.”

Selesai berkreasi para siswa menjemur karya mereka agar tidak basah dan mudah saat dipajang di dinding kelas. Kegiatan melukis dengan jari jemari diakhiri dengan mempraktekkan kembali urutan mencuci tangan sebagai sarana merawat anggota tubuh.

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *