WhatsApp Image 2018-08-24 at 07.32.04

Nonton Bareng: Ajarkan Berqurban dan Beribadah Haji Sejak Dini

Senin (20/8) merupakan hari yang menggembirakan bagi siswa-siswi kelas 1 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Pasalnya, hari ini mereka akan belajar sholat Idul Adha dan menonton film bersama.

Bel istirahat pertama telah berbunyi. Siswa-siswi kelas 1 secara bertahap keluar dari ruangan perpustakaan dengan rapi berdasarkan shafnya masing-masing. Mereka menikmati waktu istirahatnya dengan jajan ke kantin, bermain di teras, atau sekadar bercerita dengan teman di kelas. Tak terasa, 15 menit telah berlalu. Mereka kembali tertib di kelasnya masing-masing dan bersiap-siap menuju agenda selanjutnya.

Acara yang dinanti pun tiba. Bertempat di kelas 1D, tepat pukul 09.30 mereka mulai masuk. Pengondisian oleh Ustadzah Amy dibantu dengan ustadz/ah kelas 1. Para siswa merapatkan barisan, agar semua siswa bisa masuk dan duduk dengan nyaman.

“Tepuk anak sholih,” pandu Ustadzah Amy mengawali acara pada sesi kali ini. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Kasih Sayang” dengan nada lagu Sepatu Kuda, anak-anak mulai diarahkan untuk kembali tertib dan sholih menyimak cerita hari ini.

Untuk memotivasi para siswa agar segera tenang, ustadzah memulai lomba ketertiban dan membagikan voucher untuk siswa yang bersegera mensholihkan diri dan segera tertib. Beberapa siswa mendapatkan voucher, dan kondisi mulai kondusif untuk melanjutkan acara.

Selama film diputar, para siswa serius menyimak cerita dan sedikit yang berbicara. Suara kipas angin yang berputar pun mulai terdengar. Selesai satu film diputar, mereka akan ditanya tentang isi film. Bagi mereka yang serius menyimak dan memperhatikan, akan berpeluang mendapatkan kesempatan menjawab lebih cepat.

“Siapa saja tokoh dalam cerita tadi?” tanya Ustadzah Nuri membuka pertanyaan awal. Ananda Vely (1C) menjawab penuh semangat, “Ismail, Ibrahim, Siti hajar .” “Saat kehausan, Siti Hajar mencari-cari air ke sana kemari. Lalu keluar air di bawah kaki Ismail. Zam zam zam zam. Apa arti zam-zam?” lanjut Ustadzah Nuri memberikan pertanyaan.
“Berkumpul,” jawab para siswa serentak.

“Kalau kita memperhatikan dan menyimak cerita dengan sungguh-sungguh, maka banyak ilmu yang bisa kita dapatkan. Buktinya aku bisa menjawab 2 pertanyaan hari ini ini,” ungkap Ayash, salah satu siswa kela 1A dengan bangga dan bahagia menunjukkan 2 lembar voucher di tangannya.

Berlanjut pemutaran film yang mengenalkan kepada anak-anak tentang ibadah haji dan urut-urutannya. Mereka kembali menyimak dengan perhatian penuh. Kali ini juga dengan harapan mampu menjawab pertanyaan dari ustadz/ah.

“Moment Idul Adha merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan sejarah ibadah qurban dan ibadah haji yang merupakan salah satu rukun islam. Dengan demikian, diharapkan siswa memiliki semangat berqurban dan beribadah haji ke tanah suci sejak dini,” terang Ustadzah Nuri mengakhiri acara hari itu. *(Lasti/Emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *