WhatsApp Image 2018-08-08 at 08.01.17

Peduli Lombok, Kelas 5 dan 6 Adakan Sholat Ghaib

Siang ini, Selasa( 7/8) siswa kelas 5 dan 6 melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid. Anak perempuan berada di lantai 3 dan anak laki-laki berada di lantai 2. Sebelum sholat dilaksanakan, ada pengarahan dari Ustad/Ustadzah agar mereka menempati shaf dari yang paling depan, merapat, dan lurus.

Usai adzan dikumandangkan, seperti biasa para jamaah sholat dzuhur, baik guru maupun para siswa melaksanakan sholat sunnah rowatib qobliyah dzuhur terlebih dahulu. Usai sholat sunnah, para jamaah menunggu iqomah dengan dzikir dan berdoa karena waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang sangat makbul dan baik untuk berdoa.

Beberapa saat kemudian iqomah dikumandangkan. Para jamaah sholat dzuhur berdiri dan merapatkan shaf sholat. Sebelum sholat dimulai, Ustadz Mulyadi selaku imam sholat dhuhur siang ini menyampaikan informasi bahwa usai sholat dhuhur, kita akan melaksanakan sholat ghoib. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan, “Tujuan diadakan sholat ghoib ini untuk mendoakan para korban gempa yang terjadi di Lombok. Selain itu, dengan melaksanakan sholat ini melatih kalian untuk peduli dan menumbuhkan rasa empati kepada saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa.”

Usai menjelaskan maksud dan tujuannya, sholat ghoib pun dimulai. Para guru dan siswa melaksanakan sholat ghoib itu dengan khusyuk. Sholat ghaib dilaksanakan 1 rakaat 4 takbirotul ikram dan salam dalam posisi berdiri pun selesai dilaksanakan.

Para guru dan siswa pun melanjutkan dengan dzikir, berdoa, dan sholat sunnah rowatib bakdiyah duhur. Usai sholat sunnah, semua siswa kembali ke kelas masing-masing untuk melaksanakan mentoring bersama wali kelas masing-masing. *(nunuk/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *