WhatsApp Image 2018-08-06 at 07.38.52

Bersedekah dengan Sholat Dhuha

Suhu udara menunjuk angka 19°C pada pagi hari Sabtu (04/08) ini. Sejuk dan sedikit terasa lebih dingin memang, tetapi tidaklah mengurangi semangat siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta untuk berangkat ke sekolah. Semangat mereka ke sekolah terlihat dari langkah kaki mereka, tampak beberapa ada yang sambil berlarian menuju gerbang masuk sekolah. Sementara itu di samping pohon yang rindang nan teduh dekat gerbang sekolah telah berjajar beberapa guru untuk menyambut kehadiran mereka dengan senyum ceria dan semangat.

Tidak ketinggalan siswa-siswi kelas 4 pun terlihat antusias menyambut pagi ini. Tapak-tapak kaki mereka mantap menaiki tangga menuju lantai tiga sambil menenteng sepatu di tangannya dan mengendong tas. Setelah meletakkan sepatu di loker masing-masing para siswa bergegas menuju kelas.

Hari Sabtu merupakan waktunya siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini merupakan ajang yang disediakan oleh sekolah sebagai sarana bagi semua siswa agar mereka dapat mengoptimalkan minat dan bakat sesuai potensi diri masing-masing. Beragam kegiatannya, ada pramuka yang merupakan ekstra wajib bagi siswa siswi kelas 3-5, dan beberapa ekstra lainnya seperti bela diri, kewirausahaan, jurnalistik, dokter cilik, robotik, dan lainnya.

Selain kegiatan ekstrakurikuler, ada yang spesial dari budaya penanaman karakter sejak dini di SDIT Nur Hidayah Surakarta, yaitu sholat dhuha. Semua siswa dibiasakan untuk melakukan sholat dhuha sebelum mengawali serangkaian aktivitas belajarnya setiap hari.

Seperti pagi ini, para guru kelas 4 mendampingi para siswa untuk melaksanakan shalat dhuha di aula lantai 3 gedung barat. Pembiasaan melakukan shalat dhuha ini sebagai salah satu bentuk penanaman karakter religious pada para siswa dan merupakan salah satu tujuan penyelenggaraan pendidikan di SDIT Nur Hidayah. Aktivitas sholat dhuha ini sebenarnya sudah mulai rutin dilakukan setiap hari sejak awal semester. Hanya saja khusus hari Jumat dan Sabtu pelaksanaannya di aula.

Ustadz Isna Muhammad Fathoni, salah satu guru pendamping kelas 4 mengatakan, “Ada beberapa keutamaan dari sholat dhuha ini, antara lain, keistiqomahan kita mengerjakan sholat dhuha akan menghadirkan ampunan Allah, juga akan mendatangkan cinta Allah. Mencintai sholat dhuha merupakan salah satu bentuk mencintai Allah SWT. Sholat dhuha juga bisa menjadi pengganti sedekah bagi setiap ruas tulang kita. Selain itu juga sebagai sarana penghapus dosa-dosa kita. Rasulullah pernah bersabda “Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

Selain sholat dhuha siswa juga diajari berdoa, khususnya doa dhuha. Tujuannya supaya menjadi kebiasaan anak untuk melakukan sholat dhuha dan berdoa sesudahnya. Selepas sholat dhuha para siswa kembali ke kelas. Terlihat kakak-kakak pembina pramuka pun telah bersiap di lapangan tengah untuk mengajar ekskul pramuka. Para siswa pun bergegas turun ke halaman untuk mengikuti kegiatan pramuka. *(fathoni_wulan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *