WhatsApp Image 2018-07-10 at 13.48.04

HARI PERTAMAKU BEGITU INDAH

Di sini senang, di sana senang…. Di mana-mana hatiku senang…. Di rumah senang, di sekolah senang…. Di mana-mana hatiku senang…. Lalalala lalala…. Lalalala lalala…. Lalalala lalala lala lala

Senyum semangat terpancar dari wajah siswa-siswi baru di halaman Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Langkah-langkah kecil itu telah memulai hari pertama sekolah di tempat yang berbeda. Mereka tak sendiri, digandeng ayah atau ibu menuju ke kelas yang akan menjadi tempat belajar mereka satu tahun ke depan. Berada dalam lingkungan yang akan menjadi saksi sejarah hidup mereka, enam tahun ke depan. Ahlan wa sahlan, selamat datang siswa-siswi kelas 1 SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Hari ini, Senin (09/07) merupakan hari pertama mereka masuk sekolah. Tentu di jenjang berbeda, jika tahun lalu mereka masih di jenjang PAUD, maka tahun ini mereka telah memasuki jenjang SD. Tepat pukul 08.00, sejumlah 108 siswa sudah siap di kelas masing-masing. Saling menyapa dan berkenalan dengan teman baru di kelas, dan bersiap-siap untuk berdoa bersama. Untuk menambah semangat, mereka dilatih beberapa tepuk khas SDIT Nur Hidayah. Tepuk 1, 2, 3 dengan berbagai variasinya. Wajah sumringah mereka mendapat teman baru. Belajar tepuk bersama-sama.

Selanjutnya, mereka menyimak sebuah cerita dari ustadz/ustadzah tentang siswa baru di suatu sekolah. Dalam cerita tersebut diajarkan tentang keramahan dan sikap yang baik saat berkenalan. Baik ketika mengajak ataupun diajak berkenalan. Tak kenal maka tak sayang.

“Namaku Hafiz, aku suka makan ikan,” demikian perkenalan singkat tanpa banyak aba-aba oleh salah satu siswa kelas 1B di depan kelas, di depan teman-teman dan gurunya. Meskipun sebagian dari para siswa sudah saling mengenal di TK, para siswa tampak sangat senang mengenalkan diri di hadapan teman-teman barunya. “Namaku Thifa, rumahku di Solo, kakakku satu sudah kelas 4, adikku satu masih TK,” salah satu perkenalan siswa 1D penuh semangat di atas panggung kelas.

Setelah dirasa cukup, sebagai penambah semangat, anak-anak berbaris dan mengikuti game benar-salah dari ustadz /ustadzah. Senyum ceria terpancar jelas dari wajah-wajah kecil penuh semangat menjelang berakhirnya agenda hari ini. Jam dinding menunjukkan pukul 10.00, para siswa bersiap berdoa lalu pulang. Para orang tua nampak sudah menunggu di depan sekolah.

Koordinator Guru Paralel Kelas 1, Ustadz Sugeng Sugiharto, S.Ag menuturkan, “Alhamdulillah, agenda hari pertama Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) berjalan baik dan lancar. Para siswa tampak semangat penuh ceria berkenalan dengan teman-teman barunya. Semoga hari berikutnya, agenda PLS berjalan baik dan lancar.” *(lasti/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *