WhatsApp Image 2018-06-02 at 11.25.50

Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan

Menanamkan sikap suka berbagi kepada anak-anak sejatinya adalah menyiapkan mereka untuk lebih menghargai apa yang mereka miliki. Membentuk pribadi dermawan sekaligus peduli kepada sekitar.

Sajian pagi yang indah, selepas purnama semalam disambut penuh rasa syukur oleh warga Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Kegiatan Ramadhan 1439 H semakin semarak di sekolah ini. Termasuk sejumlah 132 siswa kelas 1 yang hari ini menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan di hari kedua. Setelah do’a belajar mereka melanjutkan dengan hafalan Al-Qur’an. Lantunan ayat-ayat Al-Qur’an terdengar merdu. Suasana semakin syahdu manakala para siswa yang baru berusia sekitar 7 tahun tersebut khusyuk menunaikan sholat Dhuha.

Hari ini, Kamis (31/5) setelah selesai dengan kegiatan yang menitikberatkan asupan rohani, para siswa diajak untuk membuat kartu ucapan “Indahnya Berbagi di Bulan Suci”. Beragam ucapan mereka tuliskan di selembar kertas. Semisal, Sedekah mengeratkan ukhuwah, Sayangi yang di bumi maka akan disayangi yang di langit, dan lainnya. Untuk kemudian dihias dengan aneka warna.

Saat kartu ucapan sudah selesai dikerjakan, mereka melanjutkan membungkus bingkisan. Para guru mengarahkan dengan membentuk kelempok. Setiap kelompok saling bekerjasama untuk menata dan membungkus sampaipun menghias bingkisan. Tak lupa kartu ucapan ditata sedemikian rupa dalam wadah bingkisan. Para guru memotivasi bahwa memberi hendaklah dengan pemberian terbaik dan dengan cara terbaik pula. Setelah dihias dengan aneka warna pita, bingkisan siap untuk dibagikan.

Para siswa berkumpul di teras kelas 1. Selain dibersamai para guru, acara serah terima juga dihadiri oleh para penerima bingkisan yakni 11 orang petugas Cleaning Servis (CS), 5 petugas satpam, 6 petugas bagian Tata Usaha (TU) dan 2 petugas Pembantu Umum (PU). Para siswa secara berkelompok menghaturkan secara langsung kepada para penerima tali asih tersebut. Wajah-wajah terlihat sumringah karena di bulan suci ini berkesempatan untuk bisa saling berbuat kebajikan.

Barra Azfar Azaria (7th) salah satu siswa kelas 1 C mengungkapkan rasa senangnya, “Alhamdulillah bisa ikut berbagi rezeki. Tadi dari rumah mama membawakan minyak goreng. Jadi ingin bisa memberi lagi.” Yan Syakila, S.Ag selaku guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menyampaikan, “Bulan Ramadhan bulan kebaikan. Maka kami mengupayakan agar para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sebaik-baiknya. Alhamdulillah para orangtua juga mendukung dengan cara membawakan bahan dan barang untuk dibuat bingkisan untuk kegiatan berbagi kali ini.”

Adapun Sugeng Sugiharto, S. Ag selaku koordinator paralel kelas 1 mengutarakan, ” Negara kita negara kaya, namun hanya segelintir pihak yang menikmatinya. Maka kami mengupayakan agar para penerus bangsa ini mempunyai sifat yang dermawan. Senang berbagi dengan apa yang mereka miliki. Sekaligus mempunyai sikap peduli dengan sekitarnya. Apalagi mumpung bulan Ramadhan yang merupakan bulan tarbiyah. Maka kami didik para siswa agar tertanam kuat karakter-karakter kebaikannya.”

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *