WhatsApp Image 2018-06-02 at 11.26.11

Bersama Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Pagi masih hangat ketika di sepanjang lorong teras kelas 1, sekelompok siswa duduk melingkar. Mereka memegang Juz ‘Amma ditangan. Rabu pagi (30/5) sejumlah 132 siswa kelas 1 melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan khusyuk. Diawali dengan surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan do’a pembuka belajar Al-Qur’an.

Selanjutnya para siswa dalam satu kelompok, secara mandiri dan  bergiliran mengulang bacaan surat-surat yang sudah dihafalkan saat kegiatan tahfidz pagi. Di mulai dari surat An-Nas sampailah surat terakhir terhafal yakni surat Al-Insyiqoq. Jika ada teman yang kurang hafal atau kurang tepat bacaannya, maka teman satu kelompok dalam lingkaran tersebut yang membetulkan.

Sedangkan seorang yang ditunjuk sebagai ketua kelompok bertugas memberi tanda centang pada lembar pantauan bagi temannya yang sudah selesai hafalan satu surat. Pada akhirnya masing-masing siswa berhasil menunjukkan hafalannya sesuai target yang ditentukan.

Risky Galih Saputra (7th) salah satu siswa 1A mengatakan, “Alhamdulillah tadi hafalanku lancar. Hampir semua teman-teman satu kelompokku lancar. Agak capek tapi pahala menghafal Al Qur’an banyak. Apalagi bulan puasa. Jadinya, berusaha tetap semangat.”

Adapun Ustadz Baharuddin Yusuf, S. Pd menyampaikan, “Anak dengan usia belia masih sangat kuat daya hafalnya. Eman jika tidak didulang dengan asupan terbaik yakni hafalan Al Qur’an. Selain itu juga  menjelang malam 17 Ramadhan, bisa dimanfaatkan untukmengingatkan pemahaman para siswa tentang peristiwa nuzulul qur’an.”

Ustadz Sugeng Sugiharto, S. Ag selaku koordinator kelas 1 turut menguatkan, “Sebaik-baik pembelajaran adalah belajar Al Qur’an. Oleh karenanya di Syahrur  Qur’an ini kami mengupayakan agar anak-anak semakin akrab dengan Al Qur’an. Menanamkan kecintaan dan menguatkan pemahaman bahwa Al- Qur’an itu yang paling utama harus senantiasa dilakukan.” *(yan/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *