WhatsApp Image 2018-05-11 at 13.31.46

Mantapkan Diri Sambut Ramadhan dengan Salat Tertib dan Khusyuk

Pagi ini Jumat (11/5/18), siswa-siswi Kelas 3 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta memulai hari dengan ceria. Seperti biasanya kelas dibuka dengan berbaris, berdoa belajar, hafalan, dan kegiatan Jumat Bersih dan Taqwa, serta salat Dhuha. Kegiatan Jumat Bersih dan Taqwa merupakan kegiatan yang digalakkan agar para siswa terbiasa menjaga kebersihan diri. Selain itu, kegiatan ini juga melatih kedermawanan dengan berinfak.

Selanjutnya, para siswa berkumpul di aula sekolah. Diawali penjelasan berbagai persiapan menyambut bulan Suci Ramadhan, diikuti dengan pemahaman kembali pentingnya salat. Sebagai tiang agama, ibadah yang merupakan Rukun Iman kedua tersebut harus dilakukan dengan khusyuk dan tertib. Karena itu, para guru selalu berupaya agar hal itu bisa tercapai. Meski sejak kelas satu sudah diajarkan, pengingatan berkaitan dengan ibadah, khususnya salat harus terus dilakukan.

Guru Pendidikan Agama Islam kelas 3, Sutarmi, S Pd, menuturkan “Kegiatan jelang Ramadhan ini kami adakan dengan harapan agar para siswa semakin siap menjalankan ibadah, terutama puasa dan salat.” Dikonfirmasi secara terpisah, Syarifatul Istiqomah, S.Pd, selaku Koordinator Guru Paralel kelas 3 mengatakan, “Penjelasan tentang puasa dan salat ini merupakan bentuk penguatan ruhiyah bagi para siswa. Apalagi sebentar lagi mereka akan naik ke jenjang berikutnya dan tentunya secara usia sudah mendekati baligh.”

Sementara salah satu siswa kelas 3, Satrio Rafi S.A (9) menyampaikan, “Semakin mantap naik kelas 4 dengan salat yang semakin baik. Iya, harus semakin baik salatnya kan sudah lebih besar. Apalagi sudah mau naik kelas 4.” Semangat sama juga terlihat dari Tsabita (9), “Salatnya harus semakin dan tidak terlambat lagi agar Allah semakin sayang,” ungkap siswa yang ikut ekstrakurikuler Tae Kwon Do ini.
*(indah/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *