Untitled

Asyiknya Belajar Sains

Bekas-bekas guyuran air hujan masih membekas. Baik di dedaunan maupun aspal tanah yang melembab. Tidak terkecuali di sekitar Jalan Pisang Kerten, Laweyan, Surakarta.

Tampak siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta memasuki gerbang sekolah. Senyum mereka mengembang bahagia. Lebih sempurna tatkala disambut hangat oleh guru-guru piket. Tampak gagah memakai seragam pramuka sembari menggendong tas punggungnya. Beberapa di antara mereka membawa wadah maupun tas kresek. Ternyata mereka membawa perlengkapan untuk praktik hari ini.

Ya, siswa kelas 5 SDIT Nur Hidayah hari ini (26/04) akan mengikuti pembelajaran praktik sains. Terdengar bel tanda masuk, mereka bergegas untuk mengikuti kegiatan majelis pagi terlebih dahulu. Doa bersama, murojaah juz 29, taushiyah siswa, dan kegiatan literasi kelas. Selanjutnya pembelajaran tematik, mereka akan mengidentifikasi sifat campuran.

Wahyudi Nugroho, S.Si selaku guru tematik kls 5B menuturkan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah dengan melakukan praktikum siswa bisa mengidentifikasi sifat campuran benda benda yang ada disekitar kita. Selain itu juga melatih kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab siswa.” Sebelum praktikum, siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 7 siswa. Selanjutnya mereka menyiapkan alat dan bahan yang sudah dibawa dari rumah seperti gelas plastik, pasir, minyak, pewarna makanan, kerikil, gula pasir, dan sendok.

Setelah semua siap siswa menyiapkan 7 gelas plastik yang ditandai dengan no 1 -7. Gelas diisi dengan air sepertiga dari gelas. Sedangkan gelas ke-5 – 7 diberi minyak goreng seperempat dari gelas. setelah terisi maka gelas pertama ditambah gula dan diaduk. Gelas ke dua di beri minyak dan di aduk begitu seterusnya sampai gelas ke tujuh. Setelah itu siswa maju ke depan untuk mempresentadikan hasil dari praktikumnya.

Ternyata campuranyang sempurna(homogen) campuran dari air dan gula dan campuran Air pewarna makanan. Muhammad Nur Zanadien, salah satu siswa kls 5B menuturkan , “Asyik ternyata belajar sains. Saya tadi mencampur air dengan minyak ternyata tidak bisa campur, minyak selalu di atas. Saya senang dengan praktikum ini bisa mengetahui sifat campuran.” *(yudi/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *