2bfaa6e0-4720-4ff8-a0c6-776b7c4f7367

Kelas 6 SDIT Nur Hidayah Gelar Market Day

Pagi ini cuaca sangat cerah. Secerah wajah anak-anak kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta. Dengan mengenakan pakaian bebas muslim, rapi, dan sopan, mereka datang ke sekolah dengan senyum merekah. Pasalnya hari ini (07/04) mereka akan menggelar kegiatan Market Day di aula lantai 1 gedung timur. Tak lupa barang dagangan aneka makanan, minuman, dan lainnya mereka bawa.

Sebelum market day dimulai, seperti biasa mereka melakukan aktivitas pagi, yaitu sholat Dhuha dan doa bersama di masjid lantai 2 . Usai melaksanakan sholat Dhuha dan doa bersama, mereka mendapatkan penjelasan tentang pernak-pernik market day.

Market day ini dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok diarahkan untuk menjual makanan yang sehat, higienis, dan buatan sendiri. Barang dagangan yang dijual sangat variatif, dari aneka jajanan, nasi goreng, spaghetti, aneka jus, dan minuman serta mainan anak. Harganya pun variatif, dari yang termurah Rp.500,- sampai Rp.7.000,- tergantung jenis makanan, minuman, atau barang lainnya.

Para pembeli baik dari adik kelas dan guru karyawan bisa dengan puas memilih menu sesuai dengan selera. Selain menggelar dagangannya di aula lantai 1 gedung timur, beberapa siswa dari beberapa kelompok menjajakan dagangannya di gedung barat. Mereka menjajakan dagangannya kepada para guru yang belum sempat ke gedung timur. Mereka tampak senang ketika dagangannya dibeli dan diborong habis oleh para siswa maupun guru.

Penanggung jawab kegiatan, Ustadz Darussalam menuturkan, “Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pasca latihan Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) untuk menghilangkan kepenatan setelah 3 pekan berturut-turut para siswa mengikuti kegiatan try out. Selain itu juga untuk merefresh kembali pikiran dan fisik agar setelah kegiatan ini mereka bisa lebih segar, semangat, dan sungguh-sungguh dalam meraih prestasi terbaik. Di samping itu, kegiatan ini bisa melatih dan menumbuhkan jiwa wiraswasta, melatih mental dagang, kesabaran, dan keuletan dalam meraih rezeki.”

Salah satu siswa kelas IV Alfian Nur Ishadi menyampaikan, “Kegiatan seperti ini menarik dan menyenangkan karena melatih jiwa wiraswasta dan kesabaran. Alhamdulillah mayoritas dagangan kami laku terjual” *(nunuk/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *