WhatsApp Image 2018-02-26 at 14.06.31

Sinabung, Olehnya Kami Diajari Bersyukur, Peduli, dan Berbagi

Rinai hujan sisa guyuran derasnya selepas subuh masih terlihat saat tanda waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB. Jum’at (23/02/2018), Teras Kelas 1 sudah berjajar deretan siswa menghadap kiblat. Dengan dipandu oleh Ustadz Cuk Irman Winata,A. Md., siswa kelas 1 Paralel mengawali kegiatan belajar Jum’at ini dengan Sholat Dhuha sebelum melanjutkan rangkaian acara sehari sebelumnya tentang Sinabung. Seperti yang dilontarkan Koordinator Kelas 1, Ustadz Sugeng Sugiharto, S.Ag bahwa hari ini akan ada aksi nyata doa dan penggalangan dana untuk Sinabung dari siswa kelas 1 SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Setelah sholat Dhuha, Ustadzah Yan Syakila, S. Ag. bercerita tentang indahnya berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan. Setelah itu, bersama-sama memanjatkan doa untuk saudara-saudara di Sinabung dan juga saudara-saudara lainnya yang sedang tertimpa bencana.

Salah satu siswa kelas 1B, Ananda Alfa, mengungkapkan merasa sedih dan ikut berempati dengan beberapa bencana yang menimpa saudara-saudara di beberapa tempat di Indonesia. Sementara siswa kelas 1 lainnya, Ananda Rifay, bertutur, “Aku membawa infaq untuk meringankan beban saudara-saudara di Sinabung”.

Tidak lama kemudian, salah satu guru kelas 1 membawa sebuah kotak infaq untuk Sinabung. Siswa berbaris memasukkan infaq sukarela yang sudah mereka persiapkan dari rumah. Ustadz Sugeng Sugiharto, S. Ag selaku koordinator kelas 1 menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ramuan tim guru kelas 1 untuk menjadikan literasi sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk menanamkan karakter siswa. Nilai pembentuk karakter yang ingin kami tanamkan melalui kegiatan ini adalah religius, toleransi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial. “Alhamdulillah, untuk donasi bisa terkumpul Rp. 1.079.000,00”, begitu tambahnya sambil tersenyum.

Waka Kehumasan SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, S. Pd., Mengungkapkan, “Senang dengan inisiatif rekan-rekan guru kelas 1 yang telah berupaya menggagas ide mengangkat berita terkini untuk melakukan pembelajaran penumbuhan budi pekerti. Hal ini selaras dengan visi  SDIT Nur Hidayah yang menjadi sekolah berkarakter, ramah anak, dan berprestasi gemilang.  Adapun donasi yang terkumpul hari ini akan kami salurkan melalui Jaringan  Sekolah Islam Terpadu (JSIT). JSIT Wilayah Jateng ada bagian yang menangani penyaluran dana sosial untuk wilayah terkena korban bencana.”
(yan/win/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *