WhatsApp Image 2018-02-16 at 12.28.58

Tanamkan Karakter Mulia melalui Kemah Ukhuwah PERJUSA

Kami generasi muda yang gigih
Bertekat kuat membangun negeri
Agar Indonesia membumbu ng tinggi
Harum semerbak seantero bumi

Pramuka SIT Indonesia
Dengan cita kami terus melangkah
Pramuka SIT Indonesia
Dengan taqwa kami meraih cita

Tangguh tangkas teguh di dalam jiwa
Pramuka SIT Indonesia

Mars Pramuka SIT Indonesia menggema di pelataran halaman SDIT Nur Hidayah pagi ini. Dinyanyikan seluruh siswa, menghantarkan keberangkatan mereka menuju ke armada bus yang telah disediakan. Mereka tampak gagah dan anggun memakai seragam pramuka lengkap dengan hasduk dan topi pramukanya. Sambil menggondong tas ransel membawa perlengkapan masing-masing, senyum mengembang terpancar dari wajah mereka saat disalami beberapa guru. Tampak sebagian orang tua ikut menghantarkan sampai ke tempat bus di Jalan Siwalan tidak jauh dari sekolah.

Ya, hari ini sampai besok (Jum’at-Sabtu, 16-17/02) sejumlah 280 siswa-siswi kelas 4 dan 5 SDIT Nur Hidayah akan mengikuti kegiatan Perkemahan Jum’at-Sabtu (PERJUSA) di Kampoeng Karet, Ngargoyoso, Karanganyar. Tema yang diambil dalam kegiatan ini “Dengan Kemah Ukhuwah Kita Hadirkan Semangat Membangun NKRI Bersama-sama dalam Rangka Membentuk Generasi Tangguh Melalui Gerakan Pramuka”.

Sesampainya di lokasi, peserta mendirikan tenda didampingi Kakak Pembina masing-masing regu. Selanjutnya mereka memasak untuk persiapan makan siang, sebelum menunaikan Sholat Jum’at berjamaah.

Selepas waktu dzuhur, semua peserta sudah siap mengikuti Upacara Pembukaan. Kepala Sekolah sekaligus Kamabigus Gugus Depan SDIT Nur Hidayah, Waskito, S.Pd menyampaikan amanat upacara, “Pramuka SIT Indonesia harus bersungguh-sungguh dalam meraih cita. Dengan senantiasa menjaga amalan yaumiyah. Jadikan kemah ini untuk mengokohkan sikap positif mandiri, kerja sama, tanggung jawab, dan lainnya. Juga senang bahagia di manapun dan kapanpun berada.”

Ketua Panitia, Sunarto, S.Pd, menyampaikan “Lomba-lomba antar regu dimulai usai Sholat Asar. Ada lomba Tantangan Atribut Pramuka, Tantangan Arah Mata Angin, Tantangan KIM (Kejelian Indra Manusia), Tantangan Estafet (Bakiak, Himpit Bola, Tongkat), Tantangan Kebangsaan (Pancasila, Sandi Kotak), Tantangan Ketangkasan (Lempar Bola, Pindahkan Bola dengan Ditiup), Tantangan P3K Dragbar, Perang Air, dan diakhiri dengan Tubing Kali Cilik.”

Salah satu peserta lomba, Kifaya Taqiyya Rasyida (9) siswi kelas 4D menuturkan pengalamannya, “Seru, bisa masak bareng teman-teman. Masak sayur sop serta goreng kentang dan sosis. Bisa melatih kerjasama dan kemandirian. Di rumah kadang-kadang sudah masak sendiri.” Sementara peserta lainnya, Kholif Sunan Al-Fatih (10) siswa kelas 5B menuturkan, “Baru kali ikut kegiatan kemah. Ternyata menyenangkan. Bersama teman-teman satu regu siap mengikuti lomba-lomba yang disiapkan Kakak Pembina.”

Waka Humas SDIT Nur Hidayah, Rahmat Hariyadi, menuturkan, “Agenda kegiatan ini rutin dilaksanakan 2 tahun sekali bagi pramuka siaga. Mudah-mudahan menjadi pengalaman berkesan bagi mereka.” (yudi&bisri/emyu)

Komentar Facebook
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *